Sukses

Irama Jantung Tidak Teratur

15 Aug 2018, 00:03 WIB
Pria, 77 tahun.

Irama jantung tidak stabil, kadang stop satu detakan

Terima kasih telah bertanya mengenai denyut jantung tidak teratur melalui fitur Tanya Dokter

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Apakah denyut jantung Anda teratur? Berapa frekuensi denyut jantung Anda dalam satu menit?

Izinkan kami menjelaskan tentang denyut jantung tidak normal. Detak jantung tidak beraturan di dalam dunia kedokteran dikenal dengan aritmia. Aritmia adalah gangguan irama jantung yang dapat mengakibatkan jantung berdetak terlalu cepat (takikardi), terlalu lambat (bradikardi), atau tidak teratur (iregular).

Kebanyakan aritmia tidak berbahaya namun beberapa jenisnya dapat berkomplikasi lebih serius dan mengakibatkan kematian. Apabila jantung mengalami gangguan irama, kemungkinan jantung tidak dapat memompa cukup banyak darah ke jaringan tubuh. Akibatnya sel-sel tubuh termasuk diantaranya adalah otak, ginjal, dan organ lain kekurangan oksigen dan nutrisi.

Diperlukan pemeriksaan fisik secara langsung dan pemeriksaan rekam jantung atau elektrokardiogram (EKG) untuk menentukan diagnosis.

Terapi atau pengobatan dari aritmia akan tergantung dari tipe, keparahan aritmia yang terjadi berdasarkan pemeriksaan rekam jantung yang didapatkan. Aritmia dapat diatasi dengan obat-obatan, kardioversi, defibrilator, pacemaker, maupun dengan ablasi kateter. Semua akan tergantung dari tipe dan keparahannya. Kami sarankan agar Anda berkonsultasi secara langsung ke dokter spesialis jantung untuk pemeriksaan dan evaluasi lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai denyut jantung tidak teratur. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar