Sukses

Seputar Kadar Fungsi Hati yang Meningkat

14 Aug 2018, 22:28 WIB
Wanita, 42 tahun.

Dok.. Hasil MCU Saya SGOT 43* SGPT 50 danger hepatitis non reaktif. Danger Saya baru 4 Hari mnjalani diet no karbo, no sugar Yg diperbolahkan protein hewani dan sangat dianjurkan makan lemak. Dan Kmaren Saya sudah konsul kedokter pnyakit dalam dan hasilnya hanya butuh istirahat, tetapi Saya lupa menanyakan masalah konsumsi lemak. Sejauh ini Saya Belum bgitu banyak konsumsi lemak dok. Mohon sarannya ya dok.. Trimakasih Salam

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai kadar fungsi hati yang meningkat melalui fitur tanya dokter. 

Nilai normal SGOT adalah 3-45 u/L, sedangkan nilai normal SGPT adalah 0-35 u/L (terdapat sedikit variasi dari nilai normal dan sangat tergantung dari laboratorium tempat pemeriksaan). SGOT dan SGPT merupakan enzim yang dapat ditemukan pada sel-sel hati. Karena itu jika terjadi kerusakan (nekrosis) sel-sel hati, seperti yang terjadi pada infeksi akut virus hepatitis, enzim-enzim tersebut keluar dari sel hati dan masuk ke dalam darah. Semakin banyak sel-sel hati yang rusak, semakin tinggi pula kadar SGOT/SGPT yang terukur di dalam darah. Secara laboratoris pemeriksaan enzim hati pada hepatitis akut didapati adanya peninggian SGOT dan SGPT sampai 20-50 kali normal dengan SGPT lebih tinggi SGOT daripada SGPT (SGOT/SGPT < 0,7). Untuk menurunkan SGOT dan SGPT, maka hal yang paling utama adalah mengetahui penyebab kerusakan sel hati yang menyebabkan munculnya nilai SGOT dan SGPT yang tinggi. Karena begitu beragamnya penyebab kerusakan sel hati (mulai dari infeksi, imunitas, kebiasaan minum alkohol, makan yang tidak bersih, meminum obat-obatan yang bersifat racun pada hati secara kronik), maka sulit untuk mengetahui penyebabnya tanpa pemeriksaan langsung.

Peningkatan kadar SGPT dan SGOT biasanya memang biasanya tidak menimbulkan gejala. Terkait dengan keluhan Anda untuk sementara memang yang disarankan perbanyak waktu istirahat Anda. Untuk konsumsi lemak tidak dilarang.

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat. 

    0 Komentar

    Belum ada komentar