Sukses

Haid Pasca Melahirkan

14 Aug 2018, 13:21 WIB
Wanita, 22 tahun.

Selamat malam dok saya ingin bertanya saya habis melahirkan april 2018 kemarin dan mengalami haid pertama lagi di juni 2018 tapi dari awal haid sampai bulan ini haid saya sudah tidak pernah merasakan seperti nyeri payudara sebelum haid apakah itu wajar?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah bertanya mengenai haid pasca melahirkan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Namun tenang, gejala nyeri payudara sebelum haid bukanlah indikator bahwa haid yang Anda alami itu normal. Banyak populasi normal yang sehat, haid tanpa merasakan nyeri pada payudara sebelumnya. Justru bukankah itu hal yang baik, ANda tidak perlu terganggu dengan nyeri payudara sebelum menstruasi.

Penyebab menstruasi Anda baru terjadi bulan juni kemungkinan akibat laktasi. Apakah Anda menyusui bayi secara ekslusif? Selama ibu memberikan ASI ekslusif, secara otomatis ibu tersebut juga telah menggunakan suatu metode kontrasepsi yang dikenal sebagai metode amenore laktasi (MAL), sehingga dirinya tidak akan hamil lagi selama memberikan ASI ekslusif dan tidak mengalami haid.

Siklus haid setelah melahirkan memang dapat kembali normal dalam waktu 1-24 bulan setelah melahirkan secara perlahan-lahan atau setelah Anda tidak menyusui kembali.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai haid pasca melahirkan, semoga bermanfaat. Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar