Sukses

Nafas Bayi Berbunyi

14 Aug 2018, 10:57 WIB
Wanita, 25 tahun.

Malam dok...saya mau tanya...anak saya dari umur 0 bulan sampe skrg 7 bulan ini suara nafasnya ngik ngik gtu..seperti ada dahak di dadanya..sudah dibswa kedokter beberapa kali tp ttp tidak mau ilang dok...kebetulan anak saya tidak asi menggunakan susu formula...pengalaman saya dulu anak saya yg pertama dlu alergi juga..dia menggunakan susu soya...qra2 apa adenya juga seperti itu ya dok..?terima kasih banyak

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Bunyi yang berasal dari saluran nafas bayi dapat menunjukkan adanya cairan atau lendir pada paru-pari bayi. Paru-paru memang juga menghasilkan lendir. Bunyi muncul karena produksi lendir meningkat padahal belum bisa mengeluarkannya sendiri, karena refleks batuknya belum bekerja dengan baik. Produksi lendir meningkat pada umumnya dialami oleh bayi yang memiliki bakat alergi dimana produksi meningkat karena terpapar oleh alergen. Hidung tersumbat bisa menjadi salah satu gejala dari alergi ini.

Penyebab lain adalah infeksi virus pada bayi. Namun umumnya kalau ada infeksi biasanya disertai demam dan bayi lebih tidak mau menyusu. Bila bayi mengonsumsi susu formula, ada kemungkinan bunyi tersebut merupakan reaksi dari alergi susu formula yang mengandung protein sapi.

Untuk saat ini, Anda bisa teteskan larutan garam (nasal drops) di kedua lubang hidung bayi Anda agar lendir mudah keluar dan bayi dapat bernafas lebih lega. Selain itu, konsultasikan masalah anak anda dengan dokter anak. 

Baca juga:

Kenali Gejala Alergi Susu Sapi Sejak Dini

Apa yang Harus Bunda Ketahui Tes Laboratorium untuk Alergi Susu Sapi?

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar