Sukses

Efek Samping KB Implan
14 Aug 2018, 10:54 WIB
Wanita, 28 tahun.

Malam dokter. Saya vera 28th. Saya baru melahirkan anak k 3 saya pd bulan januari 18 kemarin. Dan pd bulan maret saya menggunakan kb implan. Di bulan maret dan april setelah pemasangan saya masih mengalami siklus haid yang normal. Tapi mulai dari bulan mei sampai sekarang agustus. Saya mengalami perubahan haid. Bahkan tidak mrngalami haid tapi setiap harinya ada flek lendir merah kental yg keluar sedikit2. Tp setiap harinya ada. Maaf dok saya mau tau ap ad gangguan kesehatan atau karna faktor kb yg saya gunakan. Karna selama ini saya belum sempat cek kesehatan ke klinik atau pun rumah sakit. Berhubung saya mengurus anak saya sendirian. Tolong di bantu dokter jawaban nya. Trimakasih....

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah bertanya tentang KB implan di fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Alat kontrasepsi bawah kulit atau dikenal juga dengan istilah implant progestin umumnya berupa kapsul plastik, tipis, fleksibel, yang mengandung 36mg levonorgestrel yang dimasukkan ke dalam kulit lengan wanita. Setelah diberi obat bius, dibuat sayatan dan dengan bantuan jarum dimasukkan kapsul implan. Tidak perlu dilakukan penjahitan.

Kapsul ini melepaskan progestin ke dalam aliran darah secara perlahan dan biasanya dipasang selama 5 tahun. Mencegah kehamilan dengan cara menghambat terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur oleh indung telur), mempertebal lendir mukosa leher rahim, mengganggu pergerakan saluran tuba, dan menghalangi pertumbuhan lapisan endometrium. Kontrasepsi ini efektif dalam waktu 48 jam setelah diimplan dan efektif selama 5-7 tahun.

Munculnya flek seperti haid dan ketidakteraturan siklus menstruasi memang merupakan salah satu efek samping dari kontrasepsi implant. Hal ini umumnya terjadi pada bulan pertama pemakaian dan berlangsung selama 3-12 bulan. Setelah 1 tahun, sekitar 1/3 dari wanita yang menggunakan implant tidak mengalami siklus menstruasi sama sekali. Hal tersebut bukanlah sebuah kondisi berbahaya dan biasa terjadi pasca pemasangan KB implan, karena tubuh mengalami penyesuaian hormon efek dari implan tersebut. Pergeeran posisi implan juga dapat terjadi namun hal ini tidak berbahaya.

Demikian informasi ini kami sampaikan tentang KB implan , semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar