Sukses

KB Membuat Sulit Hamil?
13 Aug 2018, 18:11 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok sya mau tnya,,dlu sya prnh KB suntik yg 1 bln stlh gagal d prnikahan sya prtma lalu saya menikah lgi ap KB yg prnh sya lakukan sekali it bsa mempengaruhi syq sulit hamil y

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Setiap KB memiliki sifat yang berbeda-beda. KB non hormonal seperti kondom atau AKDR/IUD memungkinkan penggunanya hamil kembali segera setelah dilepas. Sementara KB hormonal memerlukan waktu yang lebih lama. Kembalinya kesuburan yang ditandai dengan teraturnya siklus menstruasi setelah berhenti KB suntik atau pil hormonal memang memerlukan waktu yang bervariasi. Kesuburan tidak akan langsung kembali setelah penghentian KB suntik. Pada pemakaian KB suntik 3 bulan (KB suntikan progestin), siklus menstruasi yang teratur akan kembali terjadi dalam waktu 6 bulan - 1 tahun setelah pemakaian suntikan KB dihentikan. Pengembalian kesuburan untuk kehamilan 5-7 bulan setelah penghentian suntikan.

Selama dalam waktu pengembalian kesuburan maka siklus menstruasi dapat mengalami ketidakteraturan yang disebabkan karena proses pengembalian keseimbangan hormonal beberapa waktu. Maka, yang saat ini dapat Anda lakukan adalah menunggu serta mempersiapkan diri untuk kehamilan. 

Yang perlu dilakukan dalam persiapan kehamilan adalah mengubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin sesuai kebutuhan, istirahat teratur, dan berolahraga. Perlu juga diperhatikan:

  • Hentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila Ibu ingin hamil.
  • Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol (termasuk suami)
  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas
  • Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio.

Sebaiknya konsultasikan dan periksakan ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk menilai apakah kelainan lain yang mendasari. Tetap juga periksakan kesuburan suami Anda, karena mungkin saja terdapat perubahan kualitas dari Sperma.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar