Sukses

Seputar Gagal Ginjal
13 Agu 2018, 18:11 WIB
Wanita, 42 tahun.

Ureum ibu saya 10,dan kreatinnya 5,0,bagaimana menanganinya.dan termasuk gagal ginjal atau bukan? Kalo iya termasuk gagal ginjal yg bagaimana?

Terimakasih telah bertanya menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Gejala fungsi ginjal terganggu biasanya adalah berkurangnya frekuensi berkemih, jumlah air kencing berkurang. Namun, hal tersebut terjadi bila kerusakan ginjal sudah sangat parah. Fungsi ginjal terganggu pada tahap awal biasanya tidak memberikan keluhan apa-apa.

Gagal ginjal merupakan kondisi di mana ginjal tidak dapat melakukan fungsinya untuk mengeluarkan sisa produk metabolisme dan cairan berlebih dalam tubuh.Terbagi menjadi gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronik. Gagal ginjal akut terjadi sementara dan dapat diperbaiki dengan segera keadaan yang menyebabkannya sedangkan gagal ginjal kronik merupakan keadaan di mana fungsi ginjal telah memburuk dalam waktu yang lama karena beberapa penyakit yang mendasari.

Untuk mengetahui fungsi ginjal Anda juga dapat meminta untuk diperiksa laboratorium untuk menilai fungsi ginjal (seperti ureum, creatinine, urinalisis).

Selanjutnya untuk menjaga agar fungsi ginjal tetap sehat, berikut adalah 5 hal yang penting dilakukan, antara lain:

1. Gula darah terkendali.

Kadar gula darah yang tinggi dapat membuat ginjal bekerja terlalu berat sehingga menggangu fungsi kerjanya secara umum. Hal ini disebabkan karena kadar gula darah yang tinggi membuat ginjal menyaring terlalu banyak darah (volume tinggi). Apabila ginjal bekerja terlalu berat, lama kelamaan performanya akan menurun dan akan terjadi kebocoran dari saringannya.2. Infeksi saluran kencing diatasi atau lebih baik lagi dihindari.

Infeksi saluran kencing pada umumnya terjadi akibat bakteri. Apabila infeksi ini tidak ditangani maka bakteri penyebab infeksi tersebut dapat bergerak naik ke atas dan menginfeksi ginjal sehingga menyebabkan fungsi ginjal terganggu. Cara paling mudah mencegah infeksi saluran kencing adalah dengan minum air secukupnya setiap hari atau minimal 8 gelas setiap hari dan menjaga higienitas saluran kencing.

3. Waspada hipertensi.

Tekanan darah yang tinggi atau hipertensi menyebabkan jantung kita bekerja lebih berat dari biasanya dan dalam jangka waktu panjang dapat merusak pembuluh darah dalam tubuh kita. Apabila pembuluh darah yang rusak terdapat di ginjal maka fungsi ginjal akan terganggu. Hal ini kemudian dapat berperan menaikkan tekanan darah juga sehingga menjadi sebuah lingkaran setan.

4. Jauhi obat atau makanan atau minuman yang sifatnya sebagai “racun” ginjal.

Menjaga apa yang kita makan sangat penting dalam membantu kerja ginjal supaya tetap bekerja optimal. Minuman bersoda, alkohol, dan juga beberapa minuman berenergi yang tinggi kalori dapat mempengaruhi fungsi ginjal dalam jangka panjang.Air minum yang secukupnya. Mengkonsumsi air minum sesuai rekomendasi, yaitu 8 gelas sehari akan membantu meringankan fungsi ginjal dan juga mencegah terjadinya penumpukan mineral yang dapat berakibat pada terjadinya batu ginjal.

Silahkan baca juga artikel berikut:

Gagal Ginjal Akut

Gagal Ginjal Kronis

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

1 Komentar