Sukses

Pengobatan Jerawat Di Wajah

13 Aug 2018, 15:55 WIB
Wanita, 19 tahun.

dok saya mau tanya, kalau jerawat atau bekas jerawat pake cuka apel,bagus gak?

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Pengobatan Jerawat Di Wajah.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

 

Sebagai terapi jerawat, kami belum mendapatkan penelitian yang mendukung manfaat cuka apel untuk mengatasi jerawat. Saran kami berhati-hatilah menggunakan suatu hal untuk wajah jika belum jelas manfaatnya karena ditakutkan justru mengalami risiko kesehatan yang tidak diinginkan.

Pengobatan jerawat didasarkan dengan cara mengurangi produksi minyak, melawan infeksi bakteri, mempercepat pergantian sel kulit dan mengurangi peradangan. Sebagian besar obat-obatan jerawat belum memberikan hasil dalam 4-6 minggu pertama. Pengobatan yang diberikan dapat termasuk pengobatan luar dan juga obat-obatan minum.

Obat yang dapat digunakan adalah retinoic acid, benzoil peroksida, dan antibiotik topikal/oles. Untuk jerawat di daerah punggung dapat menggunakan lotion yang mengandung sulfur. Pada kasus yang berat, biasanya diperlukan tambahan isotretinoin oral dan antibiotik oral. Semua obat tersebut dapat menimbulkan iritasi dan efek samping lainnya, sehingga penggunaanya harus berada di bawah pengawasan dokter.

Memang pengobatannya membutuhkan jangka waktu lama dan kesabaran. Kami sarankan agar tidak berganti-ganti dokter karena penanganan kulit berjerawat memang membutuhkan waktu yang lama sehingga perlu pemantauan dan kesabaran. Jika berganti-ganti dokter, maka setiap dokter baru biasanya akan memulai pengobatan dari awal lagi. 

Pengobatan jerawat berbeda-beda bergantng derajat keparahan jerawat. Kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk analisa faktor-faktor yang menyebabkan jerawat pada wajah Anda.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Pengobatan Jerawat Di Wajah. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar