Sukses

Komplikasi Diabetes
12 Agu 2018, 23:13 WIB
Pria, 23 tahun.

dok saya mau tanya, bapak saya sakit ginjal sama diabetes trus udh kom plikasi di tambah lagi mata bapak saya buta, habis itu udah nggak bisa dengar lagi, dok saya mohon gimana caranya sembuhkan bapak saya . . semua berbagai mcam obat sudah di minumnya, tpi belum sembuh juga, bapak saya sakit udah mau hampir 5 tahun, usia bpak saya udh 70 an, dok mohon bantuan solusinya gimana dok . .??

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda

Diabetes merupakan penyakit akibat kegagalan sel pankreas dalam memproduksi insulin. Insulin merupakan hormon yang penting dalam memasukkan gula ke dalam sel tubuh. Akibat minimnya jumlah insulin tubuh, maka gula tidak dapat masuk ke dalam sel tubuh dan menyebabkan peningkatan gula darah. Peningkatan gula darah dapat merusak dinding pembuluh darah dan pada akhirnya menyebabkan berbagai komplikasi pada berbagai organ. Apa saja komplikasi diabetes yang dapat ditemui, mari kita lihat satu per satu.

  • Retinopati Diabetik

Pada kelainan ini pembuluh darah mata akan lebih rentan pecah dan berdarah

  • Nefropati Diabetik

Komplikasi ginjal merupakan salah satu komplikasi yang umum ditemui. Pada tahap akhir, pasien dengan gangguan ginjal yang tidak ditangani dengan baik akan menderita gagal ginjal.

  • Penyakit Jantung Koroner

Kerusakan pembuluh darah pada jantung dapat menyebabkan sumbatan aliran darah. Sumbatan aliran darah dapat menyebabkan kerusakan otot jantung.

  • Penyakit Pembuluh Darah Otak

Hal ini dapat menyebabkan serangan stroke, dimana penderita mengalami penurunan kekuatan otot tubuh, kelumpuhan atau penurunan kesadaran.

  • Neuropati Diabetik

Pasien dengan neuropati diabetik akan mengalami keluhan kesemutan atau perasaan seperti baal pada bagian tubuh tertentu.

  • Penyakit Pembuluh Darah Perifer

Pembuluh darah perifer berfungsi mengalirkan darah ke berbagai bagian tubuh. Sayangnya pembuluh darah perifer pada penderita diabetes mengalami kerusakan, sehingga aliran darah tidak optimal.

Tujuan dari pengobatan diabetes adalah dengan mengontrol kadar gula darah agar tetap stabil. Jika gula darah tidak stabil atau bahkan cenderung meningkat, dapat mengakibatkan komplikasi mulai dari risiko terkena penyakit jantung, stroke, gagal ginjal hingga pada seluruh organ tubuh.

Jenis pengobatannya pun tergantung dari kadar gula darah dan perjalanan penyakit. Pengobatan umumnya mulai dari hanya menjaga pola makan dan gaya hidup, obat diabetes oral (tablet), hingga insulin. Obat-obatan diabetes ada banyak jenisnya, dari yang bekerja mengeluarkan insulin hingga yang bekerja meningaktkan fungsi dari insulin.

Olahraga dan diet yang baik untuk penderita diabetes adalah sebagai berikut:berolahraga secara rutin (3-4x dalam seminggu, olahraga ringan-sedang selama minimal 20 menit), mengurangi karbohidrat dan gula dalam diet, dan memperbanyak sayuran dan buah.

Olahraga yang baik akan dapat meningkatkan kepekaan insulin sehingga membantu mengontrol gula darah. Sedangkan untuk pengobatan, hal tersebut akan ditentukan oleh dokter mana obat diabetes yang tepat untuk mengontrol gula darah. 

Jika sudah terjadi komplikasi, pengobatannya tentu menjadi kompleks. Kami sarankan agar ayah anda diperiksakan ke dokter spesialis penyakit dalam agar dilakukan wawancara medis, pemeriksaan fisik, dan diberikan terapi yang sesuai untuk kondisi ayah anda.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar