Sukses

Gigi Lepas Karena Jatuh
13 Agu 2018, 09:52 WIB
Pria, 18 tahun.

Saya mau nanya dok,dulu waktu sekolah dasar saya pernah jatuh dari sepeda lalu gigi depan saya ada yang tanggal sampai akarnya dan tidak akan tumbuh lagi,lama kelamaan ruangan yg ditinggalkan mengekecil dan gigi depan saya tetap tinggal 1.gimana ya solusinya dan saya ingin masuk polisi.terimakasih

Terima kasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Gigi manusia memiliki 2 periode yaitu gigi susu dan gigi permanen. Gigi permanen yang sudah lepas tidak akan tumbuh lagi. Oleh karena itu ada baiknya bila gigi telah lepas segera dibuatkan gigi palsu. Tujuannya dari pemasangan gigi ini, yaitu

1. agar tidak mengganggu penampilan seseorang, terutama pada gigi depan atas, karena salah satu fungsi gigi adalah untuk memberikan nilai estetik dan kosmetik pada wajah. Keadaan ini akan membuat seseorang menjadi malu dan enggan untuk tersenyum, bahkan menarik diri dari pergaulan.

2. agar tidak mengganggu dalam pengunyahan. Fungsi utama gigi sebagai alat untuk menghaluskan makanan dan bagian dari sistem pencernaan tentu akan terganggu dengan tidak adanya gigi. Seseorang yang kehilangan sebuah gigi geraham atau gigi depannya tidak akan begitu terganggu atau merasakan kesulitan dalam pengunyahan jika dibandingkan dengan orang yang kehilangan beberapa gigi gerahamnya.

3. Ekstrusi gigi antagonis, dimana bahwa ketika gigi telah dicabut maka gigi lawannya dapat menjadi esktrusi atau pada gigi rahang atas maka turun dan pada gigi rahang bawah dapat menjadi naik. Tentu saja keadaan ini tidak baik bagi kesehatan gigi itu sendiri dan jaringan sekitarnya.

4. Perpindahan gigi sebelahnya. Kehilangan gigi dapat menyebabkan gigi sebelahnya berpindah atau bergeser, dan hal ini menyebabkan awal dari timbulnya penyakit periodontal ( jaringan pendukung gigi yaitu gusi dan tulang alveolar) dan gigi berlubang.

Penggantian gigi asli yang sudah hilang dapat dilakukan dengan beberapa macam gigi tiruan, yaitu pembuatan gigi tiruan cekat (permanen) atau lepasan.Pemilihan jenis perawatan tersebut sangat bergantung pada masing-masing kasus, dengan beberapa pertimbangan medis misalnya berapa jumlah gigi yang hilang, di mana posisi gigi yang hilang tersebut, dan bagaimana kondisi gigi yang tersisa. Oleh karena itu dokter gigi lah yang sebaiknya memberikan alternatif perawatan yang terbaik bagi pasien, tentunya dengan berdiskusi terlebih dahulu dengan pasien yang bersangkutan. Pasien pun memiliki hak untuk memilih, mungkin didasarkan pada pertimbangan biaya atau hal lain. 

Demikian informasi yang dapat diberikan, Semoga Bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar