Sukses

Saat Demam Turun Muncul Bintik Merah
13 Agu 2018, 08:54 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok. Mau tanya anak saya 2 hari itu demam .. setelah demam nya turun keluar bintik" merah di seluruh badan .. Liat di google tuh namanya exanthema subitum Infonya 6 hari bintiknya ilang .. Yang saya mau tanya kalo anak saya demam lagi bakal muncul lagi gak ?

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Keluhan demam dan bintik merah di kulit anak kerap disebabkan oleh infeksi virus yang biasanya menyembuh dengan sendirinya setelah 5-7 hari. Tiga penyakit yang tersering yakni campak, rubella (campak jerman), dan roseola infantum/eksantema subitum.

Dari deskripsinya, yang dialami anak Anda, paling mungkin adalah roseola infantum. Ini paling sering terjadi pada anak balita. Demam bisa amat tinggi hingga lebih dari 39,5 derajat namun setelah hari ke-2 atau ke-3 akan turun drastis dan muncul ruam kemerahan yang biasanya dimulai dari perut, dada dan baru menyebar ke area lain.

Berbeda dengan campak yang biasanya diawali dengan demam disertai mata berair, batuk pilek hingga sakit menelan selama 3 hari kemudian muncul ruam kemerahan yang bermula dari kepala dan menjalar ke kaki. Demam akan terus ada hingga ruam sampai ke kaki. Setelah itu demam hilang dan ruam pun akan berangsur-angsur hilang mulai dari kepala hingga kaki pula.

Untuk memastikan sakit yang dialami anak Anda, lakukan pemeriksaan langsung oleh dokter anak. Dengan demikian, pengobatannya pun tepat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar