Sukses

Cuka Apel dan Kulit Manggis untuk TBC
13 Agu 2018, 06:37 WIB
Wanita, 23 tahun.

Sore dokter Saya fany perempuan umur 23, beberapa minggu lalu tanggal 19 saya baru menjalani tindakan pungsi karena ada cairan di pleura sebelah kiri Setelah di cek lab ternyata akibat terinfeksi bakteri TB. Dada sudah tidak begitu sakit hanya kadang - kadang saja tapi saya masih batuk - batuk Yg mau saya tanyakan apa benar kulit manggis dan cuka sari apel itu bisa membantu membunuh kuman TB??

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Memang cuka apel dan kulit manggis diklaim memiliki komponen antibakteri sehingga mampu membunuh kuman-kuman penyebab penyakit dalam tubuh. Meski demikian, penelitian keduanya untuk mengatasi kuman TB masih terbatas dan belum benar-benar teruji. Hingga kini, pengobatan TB yang definitif adalah dengan mengonsumsi obat anti TB selama jangka waktu tertentu, sesuai dengan kategori TB yang dialami.

Selalu ikuti anjuran dokter mengenai pengobatan TB mengingat waktu pengobatannya yang lama. Selama pengobatannya rutin, tidak pernah lupa minum obat, dan rutin kontrol dengan dokter, TB pasti bisa sembuh total.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar