Sukses

Banyak Dahak dan Cairan Bening dari Hidung
12 Agu 2018, 22:32 WIB
Wanita, 24 tahun.

Siang dok.. Saya sudh lumayan lama mengalami dahak bening tanpa batuk, tapi paling sering terjadi di pagi hari.. Tapi sudah 3 hari ini dahak nya berwarna hijau kadang kecoklatan.. Dan baru hari ini di sertau batuk dok.. Kadang juga suka keluar cairan bening dari hidung tapi bukan ingus dok.. Tapi tidak sering dok.. Kira kira ini gejala apa yaa dok

Terima kasih telah menggunakan Fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Cairan yang keluar dalam dunia kedokteran disebut sebagai rinorea. Penyebabnya bisa macam-macam. Umumnya dapat disebabkan karena adanya alergi, infeksi baik bakteri, virus, jamur ( common cold /batuk pilek, influenza, sinusitis). Cairan hidung bening dan cair yang keluar terutama di saat pagi hari ataupun berada dekat dengan debu dan disertai dengan bersin-bersin, seringkali disebabkan karena alergi. Namun, jika berwarna dan konsistensi tebal cenderung disebabkan karena adanya infeksi (influenza, sinusitis). Selain itu, cairan yang keluar dari hidung juga dapat merupakan gejala dari deviasi septum (miringnya pembatas tulang di dalam hidung).

Banyaknya lendir atau dahak di tenggorokan bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya :

  • Infeksi pada tenggorokan
  • Peradangan pada rongga hidung akibat alergi atau infeksi yang mengakibatkan produksi lendir berlebihan.
  • Efek samping jangka panjang dari kebiasaan merokok

Pengobatan utamanya tentu harus disesuaikan dengan penyebabnya. Namun secara umum untuk mengurangi lendir anda bisa minum air yang hangat untuk mengencerkan dahak, kemudian mengonsumsi obat untuk mengurangi produksi dahak dan mengencerkannya. Beberapa obat yang bisa dibeli bebas adalah ambroxol, guaifenesin, acetylcystein, dll. Kami sarankan, anda berkonsultasi dengan dokter umum terlebih dahulu agar sumber dari produksi lendir yang banyak dapat diatasi.

Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar dahak di tenggorokan, Semoga bermanfaat.

1 Komentar

  • Jong Ef

    dok,saya mengalami penyakit TB dan saat ini saya sedang dalam masa pengobatan..kemarin waktu saya kembali cek hasil dahag saya yg ke 2 kali dokter mengatakan kalo kuman saya masih ada,dan saya sdh minum obat sekitar 5 bulan tapi belum ada perubahan..saya merasa kecewa dan takut terhadap penyakitku ini dok..apakah ada jalan lain utk penyembuhan penyakit ini dok ?? saya minta solusinya dok trima kasih.