Sukses

Gangguan Reproduksi
12 Agu 2018, 21:17 WIB
Wanita, 15 tahun.

Halo dok, saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan wawancara untuk tugas saya tentang penyakit sistem reproduksi. 1.Apa penyakit sistem reproduksi yang paling sering di derita oleh wanita? 2.Penyebab dan gejalanya seperti apa? 3.Usia rentan menderita penyakit tersebut? 4.Pengobatan nya seperti apa? 5.Cara agar terhindar dari penyakit tersebut? Terimakasih atas bantuan dokter.

dr. Alvin Nursalim

Dijawab Oleh:

dr. Alvin Nursalim

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter. 

Mohon maaf sebelumnya, situs ini adalah situs konsultasi kesehatan untuk keluhan yang Anda rasakan. Apakah Anda memiliki keluhan seputar sakit reproduksi? Jika ada, bisa tolong disampaikan apa saja keluhannya? Untuk mengetahui gangguan sistem reproduksi, perlu dilakukan pemeriksaan sistem reproduksi. Terdapat berbagai jenis pemeriksaan untuk menilai sistem reproduksi Anda normal/tidak. Salah satunya adalah pemeriksaan ultasonografi (USG), melalui pemeriksaan ini dapat diketahui apakah Anda menderita mioma, kista, atau tumor.

Gangguan haid juga dapat terjadi. Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Adapun siklus menstruasi tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama

Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)

Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30 (obesitas)

Malnutrisi (kurang gizi)

Stres psikologis

Atlet

Kekurangan vitamin K

Penggunaan obat-obatan tertentu

Kelainan pembekuan darah

Gangguan hormon tiroid

Dan lain sebagainya

Selain gangguan hormonal, dapat juga terjadi gangguan organ kandungan. Untuk memastikannya, dapat dilakukan pemeriksaan USG kandungan. Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk menilai penyebab haid tidak teratur dan pemeriksaan lebih lanjut mengenai kondisi sistem reproduksi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh. 

0 Komentar

Belum ada komentar