Sukses

Perlemakan Hati atau Fatty Liver
12 Agu 2018, 20:03 WIB
Wanita, 44 tahun.

Sore dok , saya ibu maya , mau bertanya , saya terkena perlemkan hati , ketahuan dari usg , mata saya juga berwarna kekuningan , tapi dari hasil lab normal , sedangkan saya sudah tidak punya kantong empedu , apakah ada hubungan atau tidak ? Soalnya tidak kedeteksi kekuningan , padahal mata saya ini sudah warna kuning , mohon jawaban nya , trim 's

Terima kasih telah bertanya seputar Perlemakan Hati atau Fatty Liver melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Secara umum, fatty liver dapat disebabkan oleh alkohol, obesitas, diabetes mellitus, konsumsi obat kortikosteroid, hiperlipidemia, dll. Pada fatty liver yang tidak terlalu berat, terkadang tidak dibutuhkan penanganan apapun. Namun, kontrol berat badan, diet rendah lemak dan olah raga terkadang dapat memberikan hasil yang baik dan mengurangi perjalanan perkembangan fatty liver.

Sedangkan gejala fatty liver yang berat dapat menyebabkan seseorang menjadi lemas, tidak mau makan, mual muntah, sakit perut, dan kulit / mata terlihat kuning.

Sakatonik liver merupakan kombinasi dari multivitamin, mineral dan zat besi, sehingga dapat Anda gunakan untuk Membantu menjaga hati agar tetap sehat.

Selama kondisi fatty liver Anda terkontrol, maka tidak ada masalah dengan pekerjaan fisik yang cukup berat. Anda terlebih dulu perlu mengetahui apa yang menyebabkan kondisi fatty liver Anda dan menghindarinya agar tidak terjadi perburukan.

Anda juga perlu menjalankan pola hidup sehat, dengan:

  • Makan teratur dan bergizi
  • Istirahat cukup
  • Olahraga (3-4x/minggu, @30 menit)
  • Tidak merokok
  • Jalani hidup dengan santai dan hindari stres

Anda juga perlu menghindari makanan-makanan berikut untuk menjaga kadar lemak dalam darah Anda terkontrol:

  1. Hindari makan goreng-gorengan
  2. Makanan dengan kandungan tinggi lemak
  3. Hindari alkohol
  4. Hindari makanan yang akan memperberat penyakit yang menjadi penyebab terjadinya fatty liver pada diri anda
  5. Tingkatkan konsumsi sayur dan buah-buahan
  6. Bila anda tidak bisa makan sama sekali, maka sebaiknya segera ke dokter terdekat, atau dokter spesialis penyakit dalam agar tidak terjadi komplikasi yang tidak diinginkan. Bila seseorang tidak makan dan minum, dapat terjadi ketidak seimbangan elektrolit yang dapat berakibat fatal.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai Perlemakan Hati atau Fatty Liver. Semoga bermanfaat.

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar