Sukses

Mengatasi Infeksi Jamur Di Kulit
12 Agu 2018, 18:52 WIB
Wanita, 22 tahun.

dok, tangan saya dan area leher saya menghitam dan gatal, saya duga itu akibat jamur, nah obat untuk menghilangkan itu apa ya dok?

Terima kasih telah bertanya tentang Mengatasi Infeksi Jamur Di Kulit melalui fitur Tanya Dokter

Mengatasi keluhan infeksi jamur pada kulit dapat dibagi menjadi 2 cara, yaitu penanganan menggunakan obat dan penanganan dengan tidak menggunakan obat.

Untuk penanganan infeksi jamur di kulit menggunakan obat, beberapa kelainan yang timbul akibat infeksi jamur pada kulit dapat diobati dengan menggunakan obat oles atau krim anti jamur. Namun pada beberapa kelainan lain, infeksi jamur pada kulit membutuhkan obat minum. Untuk obat krim, dokter biasanya akan memberikan obat penghilang infeksi jamur, seperti clotrimazol, ketoconazol, dan itraconazol yang pemakaiannya harus sesuai dengan dosis dan anjuran dari dokter tersebut.

Anda dapat melakukan beberapa hal berikut guna mencegah terjadinya infeksi jamur secara umum. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan adalah:

1. Upayakan untuk menghilangkan faktor pencetus infeksi, misalnya untuk tinea pedis dengan keluhan jamur pada jari kaki, untuk menyembuhkan dan menghindari terulangnya infeksi, maka sebaiknya Anda menjaga kondisi kaki agar tetap kering dan menghindari hal-hal yang membuat kaki menjadi lembap. Dan perlu Anda ingat, faktor pencetus setiap infeksi jamur sangat bervariasi. Apabila Anda tidak mengetahui faktor pencetus infeksi jamur yang terjadi pada diri Anda, diskusikan faktor pencetus ini dengan dokter Anda.

2. Tingkatkan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang.

3. Usahakan untuk tidak bertukar barang pribadi, seperti pakaian, pakaian dalam, dan handuk.

4. Jaga kebersihan diri secara keseluruhan dengan baik, misalnya mandi minimal 2 kali sehari dengan sabun.

Pengobatan infeksi jamur pada kulit, selain untuk mengobati infeksi yang terjadi, juga untuk mencegah terjadinya infeksi lain yang disebabkan oleh mikroorganisme lain, seperti bakteri. Dalam dunia medis, hal ini dikenal sebagai infeksi sekunder.

Oleh karena itu, setiap kelainan yang terjadi pada kulit akan sangat baik apabila dilakukan pemeriksaan langsung oleh dokter. Apabila keluhan tetap ada sekalipun sudah menggunakan obat dokter, sebaiknya Anda melakukan kontrol ulang. Mungkin diperlukan penyesuaian jenis obat atau penambahan obat lainnya.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Mengatasi Infeksi Jamur Di Kulit. Semoga bermanfaat. 

    0 Komentar

    Belum ada komentar