Sukses

Obat Herbal Saat Menyusui
12 Agu 2018, 18:31 WIB
Wanita, 28 tahun.

Dok apakah ibu menyusui boleh diet ramuan herbal yg bahanya lemon+serah+teh yg d rebus .terima kasih dan minta penjelasanya

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Ada obat-obat tertentu yang diminum oleh ibu dapat keluar melalui ASI, ada pula yang tidak. Ada obat yang aman untuk bayi namun, ada pula obat yang berbahaya. Obat-obat tersebut ada yang sudah melalui penelitian yang panjang untuk menentukan apakah aman atau tidak, namun banyak pula obat-obat yang masih belum jelas apakah aman atau tidak.

Pada umumnya tidak banyak atau jarang sekali obat herbal yang sudah melalui penelitian, termasuk efeknya pada ibu menyusui. Oleh karena itu belum jelas aman atau tidak. Saran dari kami adalah agar Anda tidak mengkonsumsi obat-obatan seperti obat herbal, karena selain belum jelas dapat membuat program diet Anda berhasil, tidak diketahui apakah akan keluar ke ASI dan berpengaruh buruk pada bayi. 

Namun bila Anda tidak ingin menyusui bayi Anda lagi karena sudah berusia 6 bulan, Anda dapat mencoba mengkonsumsi obat herbal, meskipun kami tidak menyarankannya. 

Anak Anda usia 5 bulan sudah mulai makan? Seharusnya usia 6 bulan baru mulai beralih ke makanan lunak. Untuk diketahui juga bahwa pada saat bayi hanya minum ASI, frekuensi BAB yang berkali-kali adalah normal.

Berikut adalah tips-tips yang dapat Anda terapkan untuk menurunkan berat badan:

Olahraga seminggu 3 kali, setiap kali minimal 30 menitKurangi konsumsi nasi putih, mie kuning, roti putih. Anda dapat mengonsumsi beras merah atau roti gandum sebagai pengganti karbohidrat simpleksHindari konsumsi gorengan dan makanan instan seperti sosis, sarden, kornet, dsbPerbanyak konsumsi buah dan sayur. Pilihlah buah yang masih segar dan belum diolahPerbanyak minum air putih (minimal 8 gelas sehari)Batasi makan malam sampai jam 7 malam. Apabila melebihi jam tersebut, Anda dapat mengonsumsi buah atau sayur.Gunakan minyak zaitun dalam jumlah sedikit apabila ingin menumis sayuran.

Ada dapat pula mempelajari lebih jauh mengenai berat badan berlebih pada artikel di bawah ini:

Diet untuk Obesitas

Obesitas dan Penanganannya.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter 

    0 Komentar

    Belum ada komentar