Sukses

Anak Sering Mimisan

11 Aug 2018, 16:10 WIB
Wanita, 26 tahun.

Dok,anak saya umur 4 tahun Setiap badan nya panas slalu.mimisan dan itu banyak sampe kluar dari mulut ,hasil ronsen baik paru paru nya,mohon pencerahanya dok

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami rasa khawatir yang Anda rasakan. Sebelumnya izinkan Kami untuk memberikan sedikit informasi mengenai masalah ini.

Mimisan atau perdarahan dari hidung atau dalam istilah kedokteran disebut dengan epistaksis, banyak dijumpai sehari-hari baik pada anak maupun usia lanjut. Kebanyakan kasus ringan dan sering bisa berhenti sendiri tanpa memerlukan bantuan medis, tetapi epistaksis yang berat, walaupun jarang, merupakan masalah kedaruratan yang dapat berakibat fatal bila tidak segera ditangani.

Bagaimana dengan anak Anda, apakah mimisannya termasuk yang ringan (bisa berhenti tanpa bantuan medis) atau berat? Adakah Gejala lain yang menyertai?

Seringkali epistaksis timbul spontan tanpa dapat diketahui penyebabnya, kadang-kadang jelas disebabkan karena trauma (misalnya benturan pada hidung). Epistaksis dapat disebaban karena kelainan lokal pada hidung (misalnya; trauma, kelainan bentuk hidung, kelainan pembuluh darah, infeksi lokal, benda asing, tumor, pengaruh udara lingkungan) maupun  berasal dari kelainan pada sistem tubuh yang timbul sebagai gejala pada hidung (penyakit jantung dan pembuluh darah, kelainan darah, perubahan tekanan atmosfir, kelainan hormonal, dan kelainan kongenital).

  1. Trauma. perdarahan dapat terjadi karena trauma ringan misalnya mengorek hidung, benturan ringan, bersin atau mengeluarkan ingus terlalu keras, atau sebagai trauma yang lebih berat seperti kena pukul, jatuh atau kecelakaan lalu-lintas.
  2. Kelainan pembuluh darah lokal. sering merupakaan kelainan bawaan sejak lahir (kongenital), dimana pembuluh darah di hidung lebih lebar dan tipis sehingga mudah pecah.
  3. Infeksi Lokal. Bisa terjadi pada infeksi hidung dan sinus.
  4. Tumor. Biasanyaepistaksis yang terjadi sangat berat.
  5. Penyakit jantung dan pembuluh darah, yaitu pada penderita dewasa dengan hipertensi (darah tinggi), biasanya terjadi epstaksis berat dan dapat berakibat fatal.
  6. Kelainan darah. Seperti anemia, hemofilia (kanker darah), dll.
  7. Kelainan bawaan. Dimana pembuuh darah di cuping hidung lebih lebar dan tipis sehingga muda pecah.
  8. Infeksi; DBD, tipus, influenza, campak
  9. Perubahan udara atau tekanan atmosfir. Biasanya terjadi mimisan ringan di tempat yang cuacanya sangat dingin atau kering.
  10. Prinsip terapinya adalah dengan memperbaiki keadaan umum, mencari sumber perdarahan, menghentikan perdarahan dan mencari faktor penyebab untuk mencegah berulangnya perdarahan.

Sebaiknya anak Anda dibawa ke dokter spesialis Anak jika memang epistaksis sering berulang setiap harinya, untuk mencari penyebabnya dan mengatasinya.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar