Sukses

Daging Tumbuh di Sekitar Anus

11 Aug 2018, 15:34 WIB
Wanita, 19 tahun.

saya mau tanya, kalo di anus ada daging tumbuh knp ya? awalnya kecil tpi kok setaun terakhir ini tambah besar. Saya jarang duduk karna kerja harus berdiri. Rasanya nggk sakit, BAB jg lancar. Mungkin sesekali suka gatal dn rasanya panas.

Terima kasih telah bertanya tentang daging tumbuh sekitar anus melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan Anda adalah daging tumbuh di sekitar anus, daging itu seperti keluar, terutama saat sedang pup. Data yang anda berikan masih belum dapat mengarahkan kami pada satu diagnosis pasti. Perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut disertai beberapa pemeriksaan fisis ataupun penunjang untuk memastikannya. Namun kemungkinan keluhan Anda adalah ambeien. Ambeien dalam bahasa medis nya adalah hemoroid. Sekilas izinkan kami membahas mengenai hemoroid.

Hemorrhoid (wasir/ambeien) merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus. Hemorrhoid dibagi menjadi hemorrhoid eksterna dan interna. Untuk menegakkan diagnosis ambeien, diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter pada anus Anda.

Hemorrhoid interna dapat dikelompokkan menjadi :

Grade I: wasir tidak keluar dari rektum

Grade II: wasir prolaps (keluar dari rektum) pada saat mengedan, namun dapat masuk kembali secara spontan

Grade III: wasir prolaps saat mengedan, namun tidak dapat masuk kembali secara spontan, harus secara manual (didorong kembali dengan tangan) 

Grade IV: wasir mengalami prolaps namun tidak dapat dimasukkan kembali

Hemorrhoid interna derajat I dan II masih dapat ditangani dengan terapi obat oral. Wasir derajat 1 atau 2 tidak membutuhkan operasi. Coba konsumsi makanan yang tinggi serat agar buang air besar lebih lancar, hindari mengangkat beban berat, perbanyak minum air putih, dan mengurangi makanan pedas karena semakin Anda makan pedas dan timbul diare,keluhan wasir Anda akan semakin bertambah parah.

Namun hemorrhoid interna derajat III dan IV yang memberikan gejala yang mengganggu serta hemorrhoid eksterna memerlukan tindakan bedah untuk penanganannya.  Hemorrhoid interna grade III yang tidak terlalu berat dan tidak memberikan gejala yang terlalu mengganggu dapat diatasi dengan penanganan non bedah seperti rubber band ligation (wasir diikat di bagian dasar untuk menghentikan aliran darah ke daerah wasir) atau coagulation (menggunakan infra merah untuk menghentikan aliran darah ke daerah wasir). Suntikan skleroterapi (suntikan untuk varises) biasanya dianjurkan untuk hemorrhoid grade I dan II.

Kami menganjurkan agar Anda dapat memeriksakan diri ke spesialis bedah umum atau bedah digestif lain untuk memastikan diagnosa pasti keluhhan Anda dan penanganan lebih lanjut.

Berikut kami lampirkan artikel mengenai wasir.

Wasir

Tujuh Cara Sehat Cegah Wasir

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar