Sukses

Kulit Jempol Kering dan Mengelupas
11 Aug 2018, 14:18 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok mau tanya jempol jari tangan saya kering gatal dan pecah pecah merah seperti mengelupas. Itu kenapa ya dok? Tapi cuma di jari jempol tangan doang dok

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Sejak kapan kondisi ini anda alami? apakah sebelumnya jari tangan anda terpapar bahan atau zat yang dapat mengiritasi atau menyebabkan alergi pada kulit. Misalnya deterjen, bahan pewarna atau lainnya? Apakah keluhan di 1 tangan atau kedua tangan?

Saat ini kami menduga keluhan anda mengarah kepada penyakit kulit akibat dermatitis kontak. Dermatitis kontak adalah peradangan pada kulit terjadi karena kulit telah terpapar oleh bahan yang mengiritasi kulit atau menyebabkan reaksi alergi. Dermatitis kontak akan menyebabkan kulit kering, pecah-pecah, timbul ruam yang besar, gatal dan rasa terbakar. Gejala ini akan bertahan sampai berminggu-minggu. Gejala dermatitis kontak akan menghilang bila kulit sudah tidak terpapar oleh bahan yang mengiritasi kulit tersebut atau kondisi lain yang memicu timbulnya gejala (dalam kasus ini Anda harus mencari faktor pemicu). Untuk membantu mengatasi gejala sebaiknya diberikan terapi topikal dengan steroid. Terapi ini harus diresepkan oleh Dokter dan dijalankan sesuai petunjuk Dokter. Sementara itu yang dapat Anda lakukan adalah menghindari pemicu, menghindari penggunaan air panas pada kulit, dan memberikan pelembab (moisturizer) pada luka.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

1 Komentar

  • siannita

    selmt siang doktr.. saya bu siannita ada masalh dgn jari2 tangn kedua ya.. saya, membershkn rmh dgn pembersh lantai lalu peras... tangn perih dan gatal..pech...gimna mengatasi ya??