Sukses

Penggunaan Susu Bebas Laktosa

11 Aug 2018, 06:06 WIB
Wanita, 33 tahun.

Anak saya berumur 3 bulan, kemarin sempat diare dan saya periisakan ke dokter, dokter bilang untuk mengganti susu anak saya ke yg free lactosa untuk sementara. Setelah 3hari bab anak saya kembali normal jd saya kembali menggunakan susu formula yang lama, tp bab anak saya kembali lembek. Apakah lebih baik saya menggunakan susu free lactosa untuk anak saya?kalo iya sampai umur brp? Terima kasih

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kondisi si Kecil.

Bila yang dialami ialah diare biasa, yang disebabkan oleh virus, umumnya anak tetap bisa mengonsumsi susu formula biasa (yang tidak bebas laktosa). Dari berbagai studi didapatkan bahwa susu bebas laktosa tidak memperburuk diare dan tidak memperlama penyembuhannya. Meski demikian, sebagian anak menunjukkan intoleransi laktosa sementara selama diare dan masa penyembuhan.

Bila BAB anak Anda lembek kembali setelah menggunakan susu bebas laktosa, ada dua kemungkinan, karena ususnya belum pulih benar, atau karena ada intoleransi laktosa. Kemungkinannya lebih besar pada yang pertama. Tidak ada batasan terkait penggunaannya, yang penting susu formula yang dipakai sesuai untuk usianya dan bila Anda masih ASI juga, berikan ini sebanyak mungkin.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar