Sukses

Keluar Darah Haid Setelah Hampir Berhenti

11 Aug 2018, 05:44 WIB
Pria, 22 tahun.

Dok saya mau tanya , saya kan tgl 8 juli kemaren menikah , dlm keadaan haid tp sudah mau selesai , lalu saya berhubungan intim dengan suami saya tgl 9 nya , kemudian saya tgl 10 hari ini saya haid , saya pikir haid saya yg tdk rutin karna saya pikir hamil , soalnya sama merasa mual mual gak enak badan , kyak orang nyidam ... Apa kah masa subur agar hamil itu brpa hari dok

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Kami perlu bertanya dulu haid yang Anda maksud di sini hanya keluar flek-flek saja atau keluar darah haid yang banyak.

Pada dasarnya, timbulnya perdarahan kembali setelah haid selesai beberapa hari bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut:

  • Sisa darah menstruasi.
  • Perdarahan saat ovulasi, bagi yang siklus haidnya teratur tapi cenderung pendek (<28 hari). Perdarahan ini berlangsung sebentar dan tidak lebih dari 3 hari serta dapat disertai nyeri perut bawah.
  • Mengalami perdarahan di luar siklus haid (metroragia).
  • Akibat penggunaan KB hormonal.
  • Perdarahan implantasi (bila hamil).

Terkait yang Anda alami, kemungkinan penyebab yang paling mungkin adalah 3 penyebab pertama. Untuk menentukannya, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kebidanan. Biasanya dokter akan melakukan USG kandungan untuk melihat kondisi organ-organ reproduksi Anda.

Terkait dengan masa subur, perlu diketahui terlebih dulu berapa hari siklus haid Anda. Apakah 21 hari? 28 hari? 35 hari? atau yang lain?. Siklus haid normal berlangsung antara 21-35 hari. Untuk mengetahui masa subur Anda, perlu diketahui terlebih dulu rata-rata siklus haid Anda dalam 3 bulan terakhir.

Masa subur berlangsung selama 6 hari, yaitu pada 2 hari sebelum ovulasi (pelepasan sel telur) hingga 3 hari setelah ovulasi. Kemungkinan hamil akan tinggi bila hubungan intim dilakukan pada waktu-waktu ini.

Untuk mengetahui kapan Anda berovulasi, berikut caranya:

  • Catat selalu rata-rata siklus haid Anda. Hari 1 adalah hari pertama Anda haid.
  • Ovulasi terjadi kurang lebih 2 minggu (14 hari) sebelum haid berikutnya. Apabila siklus haid rata-rata 28 hari, Anda akan ovulasi di sekitar hari ke-14.
  • Apabila siklus haid Anda tidak teratur, lihat periksa siklus terpanjang dan terpendek dalam 3 bulan terakhir. Misalnya siklus terpanjang 35 hari dan siklus terpendek 21 hari. Hari 1 adalah hari pertama haid. Masa subur Anda berada di (21-18)/hari 3 hingga (35-11)/hari 24. Di antara hari ke-3 hingga ke-24 ini Anda memiliki peluang untuk hamil.

Jika Anda kesulitan untuk memperhitungkan masa subur secara manual. Silakan gunakan health tools kami di sini: Kalender Kesuburan.

Artikel berikut juga dapat menambah informasi Anda terkait masa subur: Kenali 5 Tanda Wanita dalam Masa Subur.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar