Sukses

Cara Menambah Berat Badan Bayi

11 Aug 2018, 00:14 WIB
Wanita, 36 tahun.

Dok. Sy punya bayi usia 1 th. Menurut saya berat badannya kurang.mungkin asi sy kurang maksimal.sy ingin bayi sy lebih berisi. Sy bingung sebenernya susu formula dan makanan yg mengandung susu itu sama apa tidak. Soalnya dimasyarakat awam bayi asi yg ditambah susu formula termasuk bukan bayi asi eksklusif. Tapi bayi yg suda mendapatkan makanan mpsi yg mengandung susu. Tetap bayi asi eksklusif. Sebenarnya beda sufor dengan makanan yg mengandung susu untuk bayi itu apa dok. Trimakasi

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya di fitur Tanya Dokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Untuk meningkatkan berat badan bayi MPASI ada berapa hal yang dapat Anda lakukan:

  • Tingkatkan frekuensi makan, dengan prinsip makan sering dalam porsi sedikit. Frekuensi makan yang dianjurkan adalah 3 kali makan besar diselingi 2-3 kali snack. Pilih snack yang tinggi kalori misalnya jus alpukat dicampur susu, pisang, atau makanan seperti macaroni schotel dan olahan berbahan dasar karbohidrat lainnya. Bila ASI tidak cukup, bisa ditambah dengan susu formula yang diberikan 5-6 kali sehari @150-180 mL/kali minum.
  • Bila anak tidak suka nasi tim, coba naik/turunkan tekstur. Usia 10 bulan umumnya anak mulai tumbuh gigi lebih banyak. Ada kalanya ia ingin naik tekstur menjadi makan nasi biasa atau turun tekstur menjadi makan bubur. Jika belum mau makan nasi, sumber karbohidrat bisa diganti dengan ubi, kentang, oatmeal atau roti.
  • Anda dapat menggunakan keju slice atau keju parut sebagai snack atau sebagai tambahan ketika anak memakan snack-nya. 
  • Berikan anak makanan yang tinggi protein seperti telur, ikan, daging ayam dan daging merah dalam porsi yang sesuai.
  • Untuk anak di bawah 1 tahun, konsumsi sayur tidak wajib selama anak masih mau makan buah. Bila anak terlalu banyak makan sayur yang mengandung serat, ia akan cepat kenyang dan kurang mendapatkan asupan karbohidrat dan protein yang lebih penting untuk pertumbuhan fisiknya di masa ini.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar