Sukses

Peeling Wajah

11 Aug 2018, 00:10 WIB
Pria, 19 tahun.

Dok kemaren kan saya ke dokter kulit untuk minta cream buat muka saya yg berjerawat Trus dia sarankan saya juga buat facial feeling itu Tapi saya blg lain kali saja karna saya mikir2 dulu Nah yg saya tanyakan apa kah facial feeling itu aman nggak dok? Saya takut ketika saya feeling akan mngakibatkan bahaya untuk wajah saya

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Peeling wajah dimaksudkan untuk mengangkat sisa-sisa kulit mati agar kulit baru mudah tumbuh. Efek samping yang umum yakni rasa panas terbakar, kulit terasa tipis, hingga muncul jerawat. Ini merupakan hal yang normal. Namun bila rutin dilakukan dan dikombinasi dengan regimen pengobatan yang sesuai anjuran dokter Anda, bisa mengatasi jerawat Anda.

Sedangkan flek hitam, biasanya justru peeling merupakan salah satu cara untuk mengatasinya. Flek hitam umumnya bersifat genetik (freckles), atau disebabkan karena bekas jerawat/luka-luka minor di wajah, atau karena paparan sinar matahari.

Bila dengan peeling Anda rasa tidak cocok, alternatifnya menggunakan laser. Pemilihan cara perawatan biasanya berdasarkan berat ringan dan dalamnya flek. Oleh sebab itu, kami sarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit atau klinik kecantikan yang disupervisi oleh dokter yang terlatih untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai untuk flek hitam di wajah Anda. Perubahan yang nyata biasanya baru terlihat 3 minggu-3 bulan setelah menjalani perawatan dengan rutin, bersabarlah untuk hasil yang optimal.

Saat ini, yang dapat Anda lakukan adalah mencegah agar flek tersebut tidak bertambah banyak, caranya dengan menggunakan sunblock atau tabir surya. Aplikasikan pada wajah Anda setiap hari untuk membantu mencegah timbulnya bintik hitam akibat sinar matahari. Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30. Di samping itu, konsumsi pula vitamin C.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar