Sukses

Hasil USG Kandungan

10 Aug 2018, 21:30 WIB
Wanita, 24 tahun.

menu MEETDOCTORAsk Doctor search Meetdoctor Information Thanks for your comment or answer. HAMIL Hasil Tp positif tapi di usg masih penebalan rahim Hasil Tp positif tapi di usg masih penebalan rahim 50 minutes 20 seconds agoJakarta Selamat siang dok ,, Saya waryati umur 24 saya sudah menikah sudah 21 bulan Saya sudah telat haid 9 hari dok , , siklus haid saya normal akhir2 bulan ini stiap tgl 29 dengan durasi 7 hari sudah benar2 bersih Pas H+4 saya coba TP dok dan hasilnya dua garis cuman masih samar LaluH+ 7 saya TP lagi masih sama hasilnga dok dua garis satu samar Lallu keesokan harinya saya coba cek ke dokter kandungan setelah nnyaa2 dokter tersebut menyarankan saya untuk USG trans V Saya nurut saja dok karena ini pengalaman perdana saya Lalu keluar hasil USG yg saya juga ndak ngerti dok GA 05w3d TIs 0.1 TIb 0.1 MI 1.1 06.08.18 12.02.33 RIC5 9D 14Hz / 7.0cm 165/1.3 1 Trim Rout / OB HH PI 12.20 4;30 Gn 1 C6/M15 P4/E3 SRI II4 Dengan keerangan foto 1 tebal dinding rahim 1.26cm Ov kiri 2.75cm Ov kanan 2.59 cm Dokter bilang kantung janin dan janinnya belum kelihatan kalau penasaran sekali suruh datang 2 mggu kemudian tapi jika tak ada masalah sprti pendarahan atau kram perut hebaat 1bulan lagi cek up lagi katanya dok Pas saya nanya hamil atau ndak nya dokter ,, Bila ng kalau Belum 100% bisa dibilang hamil,apalagi test kehamilan masih samar...nnt harus evaluasi lg.Tp sebaiknya ttp membatasi aktifitas fisik dan sexual,kr ada kemungkinan hamil , , kemungkinan ini bearti dokter sndri belum yakin yaa dok ?? Berapa tebal dinding rahim jika menstruasi dan akan erjadinya pembuahan dok ?? Mohon penjelasannya Terimakasih

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Sebelum menjawab  pertanyaan anda, saya akan menjelaskan sedikit mengenai lapisan-lapisan di rahim. Rahim terdiri dari 3 lapisan yaitu :

  • Perimetrium : lapisan terluar rahim
  • Miometrium : lapisan tengah rahim yang terdiri dari lapisan otot rahim
  • Endometrium : lapisan dalam rahim yang terdiri dari membran mukosa

Lapisan yang menebal dan menipis ketika siklus menstruasi datang adalah lapisan endometrium. Lapisan endometrium sendiri terdiri atas :

  • Lapisan fungsional : lapisan ini akan meluruh ketika menstruasi datang dan akan menebal dan dipenuhi oleh pembuluh darah untuk mempersiapkan implantasi / perlekatan janin di bawah pengaruh hormonal
  • Lapisan basal : lapisan dasar endometrium yang melekat ke miometrium

Siklus menstruasi sendiri terdiri atas 3 fase :

  • Fase menstruasi : Hari ke-1-4 dimana lapisan endometrium paling tipis dan berukuran < 8 mm
  • Fase proliferasi : Hari ke 5-14 dimana ketebalan lapisan endometrium berada dalam taraf sedang
  • Fase sekretorik : Hari 15-28 dimana ketebalan lapisan endometrium sedang dalam kondisi optimal untuk perlekatan janin (8-13mm)

Masih didapatkan perdebatan mengenai ketebalan endometrium ini, ukuran berapa yang dikatakan terlalu tipis, dan ukuran berapa yang dikatakan terlalu tebal. Untuk mempersiapkan kehamilan, ukuran 8-13 mm dinilai paling optimal.

Berdasarkan hasil pemeriksaan USG ibu diatas, terdapat penebalan rahim dan kantung kehamilan usia 5 minggu, namun hal ini perlu dipastikan lagi dengan pemeriksaan berikutnya sekitar 2 minggu atau 1 bulan kemudian untuk melihat apakah kantung janin dan janin berkembang atau tidak.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar