Sukses

Pertanyaan - #256721

09 Aug 2018, 09:33 WIB
Pria, 45 tahun.

Dokter yang saya hormati....di celah kaki saya mengalami kutu air yang sudah cukup lama. saya sudah mencoba mebgobati denga salep anti jamur tapi tidak terlalu banyak membantu. sampai saat ini sela-sela jari kaki saya berwarna dan kadang terasa gatal. mohon nasehat dan solusinya. terima kasih.

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah berkonsultasi mengenai kutu air pada kami,

Kutu air disebabkan oleh jamur. Jamur yang menyebabkan kutu air hanya berkembang pada kondisi tertentu. Lingkungan yang lembab dan hangat merupakan tempat favorit bagi jamur. Seseorang yang memakai sepatu dalam waktu lama akan membuat kaki cenderung lembab sehingga akan memicu pertumbuhan jamur. Saat jamur tumbuh, kulit memproduksi lebih banyak sel untuk mengganti sel yang rusak. Itu sebab, kulit yang terkena kutu air nampak bersisik. Memakai sepatu basah, sepatu plastik, atau kaus kaki basah dapat menyebabkan infeksi jamur pada kaki.Kaki yang sering terkena air seperti saat mencuci juga akan memperbesar risiko tumbuhnya jamur kutu air.

Kutu air yang tidak kunjung diobati berpotensi menyebar dari kaki ke bagian tubuh lain.Kutu air bisa diobati dengan obat anti jamur yang diambil secara oral atau dioleskan pada kulit. Jika infeksi jamur disertai dengan infeksi bakteri, dokter mungkin juga meresepkan antibiotik.

Untuk mencegah kutu air, pastikan kaki (termasuk sela-sela jari) dalam kondisi kering setelah mandi. Demikian pula, sepatu dan kaus kaki harus bersih, kering, dan berventilasi baik. Saat mencuci pakaian, gunakan penutup kaki agar terhindar dari paparan air yang bisa memicu kutu air.

Apabila keluhan Anda tidak menyembuh dengan pemberian salap yang Anda sebutkan, ada beberapa kemungkinan, mungkin kondisi Anda membutuhkan obat yang lebih poten atau kondisi Anda sudah disertai dengan infeksi dari kuman lain sehingga dibutuhkan tambahan obat lain. Sayangnya kami tidak dapat mengetahui kondisi kaki Anda tanpa melakukan pemeriksaan fisik sebelumnya. Saran Kami segeralah berkonsultasi langsung ke dokter agar Anda segera bisa mendapatkan terapi yang tepat sesuai penyebabnya.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar