Sukses

Pertanyaan - #256720

09 Aug 2018, 09:33 WIB
Pria, 20 tahun.

Tanya Dok ! Kok akhir2 ini saya mengalami nafas berat,, tapi rasa nyeri dan sakit di dada tidak ada,,, cuma nafas berat aja dok,,,,mohon penjelasannya,, saya juga perokok,, tapi udah 2 hari ini saya berhenti dok.

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah bertanya tentang sesak nafas dan sakit dada pada perokok 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sering terdapat keluhan dada seperti sakit dan sesak pada perokok. Keluhan sesak napas dan sakit dada pada Anda kemungkinan disebabkan kelainan pada paru-paru atau jantung mempertimbangkan latar belakang Anda yang perokok. 

Sebaiknya Anda dapat menghentikan rokok terlebih dahulu untuk mencegah penyakit lain yang mungkin timbul.Merokok dapat membahayakan hampir semua organ tubuh dan akan menimbulkan berbagai penyakit yang tentunya dapat memengaruhi kesehatan perokok secara umum. Rokok bersifat karsinogenik, yaitu zat yang merusak gen dalam tubuh sehingga memicu terjadinya kanker, seperti kanker paru, emfisema, dan bronkitis kronik. Atau juga kanker lain, seperti kanker nasofarings, mulut, esofagus, pankreas, ginjal, kandung kemih, dan rahim. Aterosklerosis atau pangerasan pembuluh darah bisa menyebabkan penyakit jantung, hipertensi, risiko stroke, osteoporosis, kemandulan, dan impotensi.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan mengenai sesak nafas dan sakit  dada pada perokok. Semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar