Sukses

Pertanyaan - #256712
09 Agu 2018, 09:33 WIB
Pria, 54 tahun.

Assalamualaikum dok, ayah saya tiba2 jatuh terduduk lemas sampai keringat dingin dan seperti orang kebingungan, tidak bisa bicara, dan seluruh tubuh sebelah kanannya tidak bisa digerakkan, sebelum kejadian tersebut ayah saya

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter mengenai kondisi ayah Anda

Kami turut prihatin akan kondisi yang dialami ayah Anda. Kondisi yang ayah alami kemungkinan mengarah kepada gejala stroke. Stroke merupakan suatu kegawatdaruratan medis yang harus segera dikenali dan ditangani. Stroke dapat disebabkan oleh karena penyumbatan pembuluh darah di otak atau yang dikenal dengan stroke iskemik atau bisajuga karena disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah di otak atau yang dikenal juga dengan stroke hemorrhagik.Seseorang yang mengalami serangan stroke harus sesegera mungkin dibawa ke rumah sakit untuk mencegah berlanjutnya kerusakan di otak dan kemungkinan untuk pulih menjadi normal.

Masa golden period adalah tiga jam setelah stroke mulai menyerang. Karena pada masa ini penderita masih sangat mungkin untuk terhindar dari stroke, bila langsung ditangani dengan benar. Hal ini dapat menolong penderita untuk mengalami stroke yang lebih berat. Keterlambatan dalam penanganan stroke dapat meningkatkan resiko kecacatan dan bahkan kematian. Waktu merupakan hal yang sangat penting sehingga semua orang harus mengetahui gejalanya dan bertindak cepat.

Apakah ayah memiliki riwayat tekanan darah tinggi, kelainan profil lipid (kolesterol tinggi, dll), atau diabetes (gula darah tinggi)? Apabila ya, setelah kondisi ayah Anda memulih,maka ketiga kondisi medis ini yang harus dipantau lebih lanjut supaya kadarnya di dalam darah tetap normal supaya mencegah kondisi stroke ulang dan komplikasi lainnya seperti penyakit jantung koroner, dll.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan ayah Anda segera pulih kembali ya

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar