Sukses

Pertanyaan - #256407

09 Aug 2018, 09:32 WIB
Pria, 20 tahun.

Assalammualaikum Dok , saya ihsan.. saya mau tanya .. kenapa setiap cuaca/suhu dingin, pada musim kemarau ... kulit dibawah bibir saya menjadi ruam2 merah ke hitam2an .. sambil mengelupas .. seperti iler kering .. ini terjadi pada musim kemarau pada suhu dingin.. mhon solusinya ya dok. Terimakasih ...

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah berkonsultasi dengan kami mengenai kulit bibir yang mengelupas,

Kulit bibir yang mengelupas berlebihan dalam dunia medis disebut juga dengan exfoliative cheilitis. Kondisi Anda bisa mengarah kepada kondisi ini. Penyebab kondisi ini berbagai macam, diantaranya adalah kekurangan vitamin B6, berkaitan dengan kondisi psikologis, efek samping obat, pemakaian obat asam retinoat, higienitas mulut yang kurang, dan adanya infeksi. 

Kondisi ini bisa mengenai bibir atas, bibir bawah dan kedua bibir. Pasien akan merasakan kulit bibir yang kering, gatal, berskuama , bahkan bisa timbul pembengkakan bibir dan keropeng. 

Pada kondisi Anda sebaiknya dicaritau terlebih dahulu penyebabnya karena bisa bervariasi antar setiap orang. Untuk mengurangi kondisi ini, dapat diberikan salap yang berisi anti peradangan dan pelembab. Namun kami menyarankan sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu mengenai kondisi yang Anda alami ke dokter spesialis kulit. Pastikan asupan makanan dengan gizi yang cukup dan seimbang, cukup tidur, dan minum cairan yang cukup untuk memastikan kecukupan cairan di tubuh untuk mencegah dehidrasi yang akan memperparah kondisi kekeringan pada bibir Anda. 

Semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar