Sukses

Pertanyaan - #255948

09 Aug 2018, 09:31 WIB
Pria, 18 tahun.

dok saya mau bertanya , kaki saya terasa sakit dan perih didaerah sekitar mata kaki jika melakukan gerakan peregangan kaki ataupun sedang ruku, tetapi jika sedang jalan normal, tidak ada rasa sakit. pertama kali mengalami rasa sakit karena terinjak saat bermain sepakbola. sudah 2 minggu rasa sakitnya masih ada . saya minta solusinya dok .

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan Tanya Dokter.

Yang Anda alami adalah cedera pada jaringan lunak sekitar jari manis mata kaki yang kemungkinan menyebabkan memar. Cedera pada yang Anda alami jelas terjadi akibat benturan/trauma. 

Untuk mengatasi kondisi tersebut dapat dilakukan "RICE", yaitu:

Rest. Istirahatkan kaki Anda sebisa mungkin, jangan berikan beban/aktivitas yang berlebihan.

Ice. Gunakan kompres es batu yang dibungkus handuk selama 20 menit, beberapa kali sehari. 

Compression. Untuk mencegah bengkak dan memar yang berlebihan, gunakan perban elastis atau kassa steril dibalut di sekitar jari.

Elevation. Untuk mengurangi bengkak, elevasi/angkat daerah yang cedera agar lebih tinggi dari jantung pada saat Anda istirahat. Ganjal kaki Anda (di bagian pergelangan kaki) dengan bantal agar letak jari kaki lebih tinggi dari jantung.Anda dapat pula mengonsumsi obat seperti ibuprofen untuk mengurangi bengkak dan nyeri. Jika Anda khawatir tulang jari manis kaki patah, kami anjurkan untuk melakukan rontgen kaki.

Jika ini murni hanya memar saja, memar akan menyembuh dalam waktu kurang lebiih 7-10 hari.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar