Sukses

Warna Kulit Gelap
09 Aug 2018, 12:10 WIB
Pria, 29 tahun.

Halo Dokter, saya Marga dari Halmahera. Sudah hampir setahun perubahan kulit saja semakin ke arah coklat kekuningan, saya baru saja selesai Medical Cek Up hasil lab kata dokter semuanya baik. Sedangkan warna kulit saya semakin hari semakin terlihat memudar, bahkan semakin gelap. Saya sangat jarang berada diluar ruangan. Warna kulit yang sangat terlihat perubahannya di wajah, tangan dan leher. Mohon tanggapannya. Terima kasih

Terima kasih telah bertanya tentang Warna Kulit Gelap melalui fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Setiap orang terlahir dengan jenis kulit dan warna kulit yang berbeda. Genetik atau keturunan tentunya memiliki peran yang cukup besar dalam hal ini. Beberapa orang terlahir dengan warna kulit putih, kuning langsat, sawo matang hingga hitam. Semuanya ditentukan oleh sebuah sel yang disebut sebagai melanin. Faktor lain yang berperan adalah kekuatan paparan sinar matahari yang berbanding lurus dengan warna kulit penduduk (semakin kuat, semakin gelap warna kulitnya). Warna kulit yang sejatinya secara genetik tidak terlalu gelap pun dapat berubah karena paparan sinar matahari.

Paparan sinar matahari yang sehari-hari selalu mengenai tubuh kita memancarkan radiasi. perlu diingat, paparan sina ini tidak harus ketika kita berada di luar ruangan. Di dalam ruangan pun, paparan ini tetap dapat masuk melalui jendela misalnya. Radiasi dari paparan sinar matahari berupa sinar ultraviolet. Sinar ultraviolet B lebih berbahaya daripada sinar ultraviolet A. Upaya pertahanan dari kulit kita terhadap paparan radiasi tersebut berupa terjadinya pembentukan pigmen atau melanin oleh sel pembentuk pigmen di kulit, yaitu melanosit.

Anda dapat "memaksimalkan" tampilan warna kulit Anda dengan melakukan perawatan secara rutin, sebagai berikut :

Bersihkan wajah dengan cairan pembersih yang sesuai dengan jenis kulit, terutama setelah beraktivitas dan sebelum tidurGunakan serum atau pelembab yang mengandung vitamin C di pagi hariGunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 setelah menggunakan serum atau pelembab di pagi hari 15 menit sebelum keluar rumah dan ulangi penggunaan setiap 2 jamGunakan krim malam yang dapat mencerahkan kulit seperti hidrokuinon, retinoic acid, kojic acid, dan zat lain sejenisMinum air putih setidaknya 1,5 liter per hariPerhatikan keseimbangan nutrisi harian.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Warna Kulit Gelap. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar