Sukses

Penanganan Pectus Excavatum

09 Aug 2018, 12:10 WIB
Pria, 26 tahun.

Selamat Siang DOK, saya mau tanya tentang Pectus Excavatum (dada cekung kedalam) apakah ada pengobatan lain selain operasi, apa lagi umur saya sudah 26thn dan gejala Pectus Excavatum pengaruh tidak sama pertumbuhan badan? karna saya susah sekali gemuk, porsi makan sudah di tambah tapi hanya bagian perut saja yang besar jadi buncit. terima kasih

Terima kasih telah bertanya tentang Penanganan Pectus Excavatum melalui fitur Tanya Dokter

Pectus Excavatum adalah kelainan bawaan dimana pertumbuhan iga dan tulang dada secara abnormal memunculkan kondisi dada yang cekung. Hanya sebagian kasus yang menimbulkan gejala namun pada rentang usia remaja memang bisa mengganggu kepercayaan diri penderita.

Prosedur Nuss atau minimally invasive repair of pectus excavatum (MIRPE) merupakan sebuah teknik operasi untuk mengembalikan bentuk dada yang cekung atau biasa disebut dengan pectus excavatum. Prosedur ini biasanya dilakukan pada pasien-pasien dengan kriteria diantaranya mengalami deformitas yang parah, telah mempengaruhi fungsi organ, atau mendapat dampak psikososial dari deformitas dinding dada tsb.

Usia yang dianjurkan untuk menjalankan prosedur Nuss ini adalah penderita dengan usia 5-20 tahun, dengan hasil diteliti paling efektif pada usia 8-12 tahun karena tulang rusuk masih cukup lentur. Dengan usia Anda yang sudah menginjak 26 tahun, perlu dikonsultasikan dengan dokter spesialis bedah, apakah prosedur ini dapat memberikan hasil yang maksimal dan berimbang dengan resiko operasi.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Penanganan Pectus Excavatum. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar