Sukses

Menghilangkan Bekas Gigitan Serangga

09 Aug 2018, 14:17 WIB
Wanita, 28 tahun.

Selamat siang dok, sudah 2 hari ini lengan saya muncul luka yang rasanya agak perih. bentuk lukanya seperti bekas digaruk karena gigitan nyamuk (jadi luka kering bentuk bintik begitu dok), tetapi ada bagian yang terlihat seperti agak melepuh/belum kering.. padahal saya tidak merasa menggaruk sampai luka/digigit serangga dok..

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai cara menghilangkan bekas gigitan serangga.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Kemungkinan yang terjadi pada Anda adalah bentuk gigitan serangga. Beberapa serangga dapat memberikan bentuk luka yang berbeda. Yang terpenting adalah bagaimana Anda menangani bekas luka tersebut. Masing-masing jenis bekas luka memerlukan penanganan yang berbeda-beda. Dasar penanganan bekas luka yang menghitam biasanya menggunakan krim, pengelupasan kulit/chemical peeling, mikrodermabrasi ataupun laser. Beberapa cara tersebut diharapkan dapat menyamarkan, menipiskan, bahkan menghilangkan bekas luka.

Bekas hitam bekas gigitan nyamuk memang dapat mengganggu estetika dari kulit Anda. Anda tidak perlu khawatir, karena bekas luka umumnya akan menghilang secara perlahan. Sebaiknya Anda menahan diri untuk tidak menggaruk luka terlalu kuat. Pengolesan steroid berkekuatan rendah sebanyak satu kali pada malam hari dapat membantu menghilangkan bekas luka. Untuk jenis steroid apa yang baik untuk digunakan, diperlukan pemeriksaan fisik oleh dokter. Jika Anda sembarangan membeli kortikosteroid tanpa adanya pemeriksaan langsung oleh dokter, ditakutkan dapat terjadi efek samping atau komplikasi dari penggunaan kortikosteroid.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan seputar cara menghilangkan bekas gigitan serangga. Terima kasih.

0 Komentar

Belum ada komentar