Sukses

Pertanyaan - #255943

09 Aug 2018, 09:31 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok sy mau tanya, sy mengalamin keputihan sudah lama. Keputihannya bening namun kadang putih dan bercaknya jg putih di celana dlm. Keputihan sy tidak pernah bau. Akhir2 ini pipis sy sakit dan keputihan sy menggumpal wrn putih susu, berbau, dan suka mengeluarkan cairan kuning yg bau jg. Sdh sy konsultasikan ke dokter, dan sy diberikan obat azitromisin. apakah benar dok? bukannya ini termasuk infeksi jamur ya dok? tp sy diberikan obat infeksi bakteri. Terimakasih, dok.

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah bertanya mengenai keputihan kepada kami, 

Keputihan adalah cairan yang keluar dari vagina. Keputihan dapat timbul dari berbagai keadaan, yaitu secara normal/fisiologis dan secara patologis. Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit/jamur/bakteri. 

Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan. Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, dll) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan abnormal yang umumnya disebabkan karena infeksi pada saluran reproduksi oleh berbagai kuman, jamur ataupun parasit. 

Seringkali infeksi yang terjadi pada keputihan tidak hanya disebabkan oleh satu jenis kuman, infeksi yang terjadi bisa merupakan kombinasi dari infeksi jamur, bakteri dan parasit sehingga pemberian obat yang Anda sebutkan sudah pada tempatnya. Namun bila keluhan Anda masih menetap, seringkali memang membutuhkan ulangan resep sehingga baiknya Anda memeriksakan kondisi ke dokter Anda yang menangani sebelumnya.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar