Sukses

Pertanyaan - #255939

09 Aug 2018, 09:30 WIB
Pria, 21 tahun.

Salam dok. Saya ingin bertanya tentang hal yg terjadi pada istri saya. Istri saya 2 hari ini saat bak disertai darah dan di cd jga selalu ada bercak darah. Tapi dia tidak merasakan perih saat bak atau beraktifitas dari miss v nya. Apa itu ada hubunganya sama kegiatan yg saya lakukan dengan dia dok beberapa hari yg lalu? Saya penetrasi dengan jari ke miss v istri saya, tapi kali ini jari saya tidak sampai masuk kedalamnya. Apa jari saya melukai dinding/miss v sehingga menjadikan itu bercak darah? Dan bagaimana mengatasi agar tidak bercak darah lagi dok? Terimakasih sebelumnya.

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah bertanya mengenai buang air kecil berdarah, 

Pertama, sebaiknya dibedakan darimana darah keluar, apakah keluar dari vagina atau keluar dari saluran kemih. Apabila keluar dari vagina, kemungkinan berhubungan dengan aktivitas seksual yang Anda lakukan. Sedangkan apabila keluar dari saluran kemih, bisa saja aktivitas seksual yang Anda lakukan mengiritasi ujung saluran kemih sehingga berdarah, namun bisa juga disebabkan penyebab lain, perlu ditanyakan beberapa pertanyaan lain untuk menentukan penyebab adanya darah di saluran kemih ini. 

Apakah istri Anda mengalami nyeri/sakit saat buang air kecil? Keluhan kencing bercampur darah, perlu dicurigai terkait dengan batu pada saluran kencing. Apakah istri Anda jarang minum? Apakah satu hari jumlah air yang  diminum istri Anda mencapai 2 liter? Kurangnya minum merupakan salah satu faktor yang dapat mempermudah timbulnya batu saluran kencing.

Oleh karena itu, kami menyarankan istri Anda memeriksakan diri ke dokter umum atau dokter penyakit dalam, istri Anda perlu diperiksa kencing (urinalisis), diperiksa ultrasonografi (USG) saluran kencing. Bila perlu dokter juga akan menyarankan istri Anda untuk di rontgen apabila dicurigai adanya batu di dalam saluran kemih. Jangan lupa untuk banyak minum 2-3 L per hari.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfat

Salam,

1 Komentar