Sukses

Pertanyaan - #255937

09 Aug 2018, 09:30 WIB
Pria, 24 tahun.

Dok untuk ibu hamil produk cuci muka Garnier Pure Active Anti-Acne White Multi Action Foam dan juga deodorant nivea kaca tulisan biru amankah untuk kandungan?

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai pembersih yang cocok untuk kulit wajah.

Memilih pembersih yang cocok untuk kulit wajah harus disesuaikan dengan jenis wajah. Seringkali untuk mendapatkan pilihan yang tepat dibutuhkan proses pemilihan produk beberapa kali.

Untuk ibu hamil bisa menggunakan jenis pembersih wajah yang tidak menggunakan bahan aktif yang bersifat teratogenik misalnya tidak menggunakan asam retinoat, untuk pemilihan jenis pembersihnya sendiri disesuaikan dengan kondisi kulit Anda, bila kulit anda sering berkeringat/ berminyak, maka pilihlah jenis pembersih yang berlogo 'oil-free'. Jenis kulit yang berminyak adalah jenis kulit yang memiliki tendensi untuk mengalami penyumbatan pori-pori, oleh sebab itu kami sarankan Anda memilih produk yang “non-komedogenik” dan “tidak menyebabkan jerawat”. Produk-produk ini biasanya tidak mengandung alkohol berlebihan atau tidak mengandung basa sabun berlebihan.

Selain itu, pastikan pH sabun yang Anda gunakan untuk membersihkan wajah sesuai dengan pH kulit (5-6,5), karena bila pH sabun terlalu basa (seperti sabun mandi biasa), maka kulit cenderung akan kering dan memicu produksi minyak yang lebih banyak. Ketidakcocokan pH inilah yang paling sering menyebabkan kekeringan dan ketidaknyamanan kulit setelah mencuci wajah.

Bila Anda sering membersihkan wajah menggunakan toner, maka perhatikan dulu jenis kulit wajah Anda. Bila jenis kulit Anda kering, pemakaian toner justru akan meningkatkan kekeringan kulit yang dapat menyebabkan penuaan kulit yang lebih cepat.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai pembersih yang cocok untuk kulit wajah. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar