Sukses

Telat Haid 1 Bulan

09 Aug 2018, 12:10 WIB
Wanita, 19 tahun.

Saya mau nnya, ko saya udah sebulan ngga menstruasi yaa? Tapi udah hampir seminggu perutnya sakit banget kaya mau menstruasi dok

Terima kasih telah bertanya tentang Telat Haid 1 Bulan melalui fitur Tanya Dokter

Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Perlu ditekankan, bahwa haid yang teratur bukan berarti harus selalu pada tanggal yang sama setiap bulannya. SIklus haid dihitung dari hari pertama haid sampai hari pertama haid pada bulan berikutnya. Jika siklus menstruasi masih dalam kisaran waktu di atas maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan, meskipun waktunya bergeser. Bila tanggal menstruasi sebelumnya mundur, maka kemungkinan besar tanggal menstruasi berikutnya juga mundur. Siklus menstruasi dapat sedikit bervariasi bergantung pada keseimbangan hormon.

Penyebab tidak haid ada banyak sekali, belum tentu terjadi kehamilan. Pertama izinkan kami menjelaskan tentang gangguan siklus haid. Adapun gangguan siklus menstruasi umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

o Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama

o Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)

o Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30

o Malnutrisi (kurang gizi)

o Stres psikologis

o Atlet

o Kekurangan vitamin K

o Penggunaan obat-obatan tertentu

o Kelainan pembekuan darah

o Gangguan hormon tiroid

o Dan lain sebagainya

Selain gangguan hormonal, dapat juga terjadi gangguan organ kandungan. Untuk memastikannya, dapat dilakukan pemeriksaan USG kandungan. Oleh karena itu, kami sarankan Anda untuk berkonsultasi langsung ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan, agar dapat dicari tahu penyebab pasti terlambatnya haid.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Telat Haid 1 Bulan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar