Sukses

Pertanyaan - #255932

09 Aug 2018, 09:30 WIB
Wanita, 26 tahun.

Assalamualaikum dok, mau tanya anak saya baru umur 23 hari, lg sakit flu udah 2 minggu ini. Kmren d kasi obat Yusimox sama bidan. Tapi tak kunjung swmbuh. Kalo mlem nafaas nya auka susah, jadi ga nyaman tidur nya. Gmana solusi nya dok, atau ada obat alami apa biar cpett sembuh dok

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telat bertanya kepada kami mengenai hidung tersumbat pada bayi,

Hidung tersumbat dapat disebabkan oleh berbagai macam hal yang mengiritasi atau menyebabkan peradangan di dalam hidung. Infeksi (common cold/selesma atau sinusitis), alergi (rinitis alergi) dan iritan (asap rokok), dapat menyebabkan hidung tersumbat. Kelainan anatomi seperti septum deviasi maupun adanya polip hidung juga dapat menyebabkan hidung tersumbat terus menerus. Sebagian orang mengalami hidung tersumbat kronik tanpa ada sebab yang jelas.

Sebagian besar keluhan hidung tersumbat umumnya hanya bersifat mengganggu. Tetapi, dapat juga merupakan tanda dari masalah yang lebih serius. Karena itu, anak Anda perlu diperiksakan ke dokter anak apabila:

1. Gejala ini sudah dialami selama lebih dari 10 hari

2. Mengalami demam tinggi

3. Lendir hidung yang keluar berwarna kuning atau kehijauan dan disertai nyeri pada kedua tulang pipi atau demam

4. Lendir hidung berbau tak sedap atau tidak wajar

5. Terdapat darah dalam lendir hidung

6. Bayi terlihat susah untuk bernapas atau bernapas terlalu cepat

7. Bayi susah untuk menyusu

8. Bayi Anda semakin rewel

Untuk sementara penanganan di rumah dapat dilakukan beberapa hal misalnya, memberi obat tetes hidung yang berisi larutan garam yang dapat dibeli di apotek, mengencerkan lendir dengan uap air hangat, menepuk-nepuk punggung bayi secara perlahan dan menjemur bayi di pagi hari.  Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar hidung tersumbat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar