Sukses

Haid atau Nifas?

09 Aug 2018, 11:21 WIB
Wanita, 28 tahun.

2minggu sbelum mens awalnya lendir putih makin lama makin keruh kuning coklat muda,ke bidan dkasih obat fladex skrg kok kluar lendir campur darah skrg warnanya makin merah tp lendir bukan darah mens sperti biasanya(cair) Saya busui baby 3bln. Tidak gatan n tidak bau. Serviks agak nyeri,mohon penjelasan

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah bertanya tentang haid atau nifas menggunakan layanan e-Konsultasi Klikdokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Mengingat Anda baru memiliki bayi 3 bulan, ada kemungkinan bahwa yang Anda alami masih berupa keluarnya darah nifas. Bagaimana proses keluarnya darah nifas selama ini?  Masa nifas umumnya berakhir sekitar 40 hari setelah proses persalinan. Berakhirnya masa nifas ditandai dengan berhentinya perdarahan yang keluar dari vagina Anda. Namun pada beberapa orang perdarahan nfias dapat memanjang. Adapun darah nifas yang keluar sebenarnya dibedakan menjadi 4 tahap yang secara berurutan, yaitu:

lokia rubra ( berwarna merah berisi darah segar, jaringan sisa plasenta, dsb) sekitar 1 minggulokia sanguelenta (berwarna merah dan berlendir) sekitar 1-2 minggulokia serosa (berwarna kekuningan) selama 2 minggu, danlokia alba (berwarna putih biasa dan bening) sekitar 6 minggu. Lokia alba merupakan darah nifas yang terakhir keluar, menandakan tahap pemulihan dan hampir berakhirnya masa nifas.Pada beberapa perempuan ( 13%), lokia dapat keluar hingga 60 hari setelah melahirkan. Apakah Anda mengalami tahapan masa nifas tersebut? Jika darah segar dan banyak keluar kembali setelah Anda sampai di akhir tahapan masa nifas tersebut, kemungkinan besar yang Anda alami adalah menstruasi. Selain itu munculnya kembali menstruasi dipengaruhi oleh beberapa faktor: seberapa sering bayi menyusui ASI, seberapa sering menyusui dari botol, bilamana bayi menggunakan alat “sedot bayi”, berapa lama bayi tidur di malam hari, apakah makanan biasa mulai dikonsumsi, dan pengaruh kimiawi ibu sendiri dan responnya terhadap pengaruh hormon yang berkaitan dengan menyusui. Kapanpun stimulasi pada payudara berkurang, terutama pada malam hari, siklus menstruasi cenderung akan mulai lagi. 

Anda dapat memeriksakan diri lebih lanjut agar bisa dipastikan penyebabnya lewat pemeriksaan fisik.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar haid atau nifas, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar