Sukses

Pertanyaan - #255930

09 Aug 2018, 09:30 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dokter anak saya usia 2 bulan, dri lahir dy hanya minum susu formula, soalnya asi saya gk keluar, anak saya sudah 2 minggu perutnya kembung, kalau kentut dy mengejan apa lagi kalau dy BAB pasti ngejan kuat sampek air matanya netes, tapi kotorannya gk keras dokter, seperti biasanya, itu kenapa ya dokter?

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih Ibu telah bertanya pada kami mengenai bayi kembung,

Kembung akibat banyaknya produksi gas di dalam saluran cerna bayi dapat disebabkan oleh beberapa hal. Produksi gas di dalam saluran cerna bayi didapatkan dari sumber bahan makanan (ASI, susu formula, dan makanan lain) yang dikonsumsi oleh bayi. Gas ini sebenarnya merupakan produk natural dari proses mencerna makanan (laktosa, protein, dan zat gizi lain) di dalam saluran cerna. Namun apabila jumlah produksinya banyak, kemungkinan dapat disebabkan beberapa hal misalnya intoleransi terhadap makanan/minuman yang dikonsumsi. 

Hal yang penting diperhatikan apabila bayi Ibu kembung, apakah bayi menangis sebab mengalami sakit atau nyeri perut yang lama yang mengganggu sehingga mempengaruhi jumlah asupan hariannya. Sebaiknya hal ini dikonsultasikan dengan dokter Anda sehingga dapat ditentukan diagnosis dan tatalaksana lebih lanjut. 

Demikian penjelasan mengenai bayi kembung, semoga dapat bermanfaat

 

0 Komentar

Belum ada komentar