Sukses

Efek Samping Imunisasi Rubella

09 Aug 2018, 10:54 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok, saya mau nanya adik saya pernah d imunisasi rubella di TK, terus setelah itu badannya keluar nanah di tangan sampai di kaki, sampe ga sekolah 2 bulan,, karna sekarang harus di imunisasi lagi tahap ke 2 saya takut nanti adik saya bakal kayak gitu lagi,, sebenarnya itu nanah nya emang dampak dri imunisasi atau ada faktor lain?? Mohon di jawab ya dok

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Penyakit campak atau morbili, atau measles merupakan penyakit yang sangat menular, ditularkan melalui virus. Campak bisa diikuti dengan komplikasi pneumonia, diare, peradangan pada otak bahkan kematian. Campak ditandai dengan adanya demam yang diikuti dengan muncul ruam kemerahan pada kulit di sekitar tangan dan dada. Sedangkan rubella atau campak jerman, merupakan penyakit yang ditularkan oleh virus yang juga memiliki gejala yang sama, dan biasanya disertai pembesaran kelenjar getah bening dibagian leher. Kedua penyakit ini bisa dicegah dengan imunisasi.

Vaksin MR ini memiliki efek samping atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang paling sering terjadi adalah demam dan ruam. Keluhan ini tidak selalu muncul. Jika muncul, tidak menjadi halangan bagi anak untuk di imunisasi.

Baca juga:

Persiapan Penting Saat si Kecil Akan Vaksin MR

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar