Sukses

Cairan bening saat kencing dan bab
07 Aug 2018, 21:25 WIB
Pria, 24 tahun.

Saya suka keluar cairan bening saat kencing dan di saat bab

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

 

Kami memahami kekhawatiran Anda.   

Cairan yang keluar dari penis dapat terjadi secara normal (fisiologis) atau tidak normal (patologis).

Secara fisiologis, pengeluaran terjadi saat laki-laki terangsang secara seksual. Cairan ini bersifat pelumas sebelum ejakulasi (cairan pra ejakulasi). Pada pria yang belum disunat, dapat terjadi penumpukan smegma di kulup dan bergabung dengan cairan pelumas ini, sehingga dapat terlihat bercak putih. Bila rangsangan diteruskan, dapat terjadi ejakulasi pada pria yang mengeluarkan cairan mani.

Secara patologis, cairan keluar saat tidak ada rangsangan seksual. Cairan dapat bersifat putih kehijauan atau bening. Keluarnya cairan yang patologis dapat disebabkan oleh infeksi menular seksual ataupun infeksi saluran kemih. Biasanya selain keluhan keluarnya cairan dari kemaluan juga disertai dengan keluhan nyeri saat berkemih, perasaan tidak tuntas saat berkemih, dan sering berkemih/anyang-anyangan.

Cairan sperma juga bisa keluar saat BAB bila Anda mengedan terlalu keras. Bila tinja keras dan besar, ia dapat menekan prostat atau vesikula seminalis tempat berkumpulnya cairan sperma sehingga akhirnya keluar melalui penis.

Untuk memastikan penyebab keluhan Anda, sebaiknya periksakan diri ke dokter. Bila terjadi infeksi harus segera diobati.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar