Sukses

Bisul pada pipi
07 Aug 2018, 19:09 WIB
Pria, 20 tahun.

Dok ,saya mau bertanya .dok saya terkena bisul di bagian wajah (pipi) ,kondisi sekarang bisul nya sudah kempis .cuman masih keluar nanah dan bekas bisul nya jadi bolong .ini harus di tindak oprasi kecil ?dan biaya nya brp ya

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

 

Kami memahami kekhawatiran Anda.   

Bisul merupakan salah satu infeksi akibat bakteri (yang paling sering adalah jenis streptococcus dan staphylococcus). Umumnya bisul atau dalam bahasa kedokteran disebut dengan furunkel dicetuskan oleh kondisi kulit yang kurang terjaga kebersihannya, lembab, atau terdapat gangguan kekebalan tubuh.

Pada umumnya bisul dimulai sebagai daerah yang memerah. Seiring waktu, daerah itu menjadi tegas, keras, dan lembut. Akhirnya, pusat mendidih lembut dan menjadi penuh dengan melawan infeksi sel darah putih dari aliran darah untuk membasmi infeksi. Ini kumpulan sel darah putih, bakteri, dan protein dikenal sebagai nanah. Akhirnya, nanah dapat operasi dibuka atau secara spontan mengalir keluar melalui permukaan kulit.

Obat untuk mengobati bisul, sesuai dengan penyebabnya, adalah antibiotik yang diberikan atas pengawasan dokter, antibiotik tersebut bisa berupa topikal (dioleskan) ataupun oral (tergantung jenis furunkel). Namun sesudah diberikan antibiotik, guna mencegah bisul tersebut kambuh kembali, disarankan untuk menjaga kebersihan daerah tersebut.

Sedangkan untuk bekas bisul, Bekas luka yang terjadi pada kulit dapat meninggalkan bekas luka yang menghitam (hiperpigmentasi), atau menjadi berkas berwarna putih (hipopigmentasi) atau menjadi jaringan berlebih (keloid).

Masing-masing jenis bekas luka memerlukan penanganan yang berbeda-beda. Dasar penanganan bekas luka yang menghitam biasanya menggunakan krim, pengelupasan kulit/chemical peeling, mikrodermabrasi ataupun laser. Beberapa cara tersebut diharapkan dapat menyamarkan, menipiskan, bahkan menghilangkan bekas luka. Bila bekas luka masih baru dan tidak terlalu dalam, Anda dapat mengoleskan krim mengandung hidrokuinon 2% yang dijual di pasaran. Krim hidrokuinon 2% termasuk dalam dosis yang aman, dan penggunaannya harus tepat hanya pada bekas luka saja dan aplikasikan pada malam hari.  

Kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis Kulit dan Kelamin untuk mengetahui pilihan terapi apa yang paling tepat sesuai dengan kondisi Anda. Untuk masalah biaya kami kurang mengetahuinya.

 

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar