Sukses

Gejala Tuberkulosis
07 Aug 2018, 12:46 WIB
Wanita, 26 tahun.

Salam dok,saya mau tnya dok,ibu saya didiagnosa TBC,di spesialis paru dberi obat OAT,setelah minum itu bikin demam,gatal2,dan batuknya pun tidak berkurang intensitasnya,pernah opnam di RS lain(dipegang dr.internis) kemudian dsuruh menghentikn OAT dahulu kmudian dgnti obat batuk(lupa namanya) malah batuknya agak reda.kmudian kontrol lagi d dokter paru sebelumnya dberi hny 2 obat untuk mengecek obat mana yg bikin alergi,alhasil stlh minum obat itu langsung demam+gatal2 dan batuknya pun menurut saya menjadi sering lagi,yang mau saya tanyakan apa betul ibu saya terkena tbc,jika iya mengapa OAT malah bikin demam+gatal dan batuknya pun tidak reda justru sering.sekian pertanyaan saya.terima kasih atas jawabannya.

Terima kasih telah bertanya tentang tuberkulosis paru melalui fitur Tanya Dokter. 

Obat anti tuberkulosis (OAT) memang dapat menimbulkan efek seperti alergi, sebagaimana obat lainnnya. Gejalanya adalah gatal, demam, kulit mengelupas, dan sebagainya. Jadi yang dialami ibu Anda memang sepertinya mengarah pada alergi terhadap obat TB. 

Pertanyaan Anda adalah apakah ibu Anda benar-benar mengalami TB. Kami tidak dapat menjawab pertanyaan tersebut, karena kami tidak memeriksa langsung ibu Anda. Yang jelas, bila sudah menjalani pemeriksaan dahak atau rontgen sebelumnya lalu dinyatakan TB, maka artinya ibu Anda memang mengalami TBC. 

Saran kami, Anda membawa ibu Anda kembali ke dokter paru yang sebelumnya menangani ibu Anda. Kemudian tanyakan mengenai kelanjutan pengobatan TBC ibu Anda serta pilihan obat lain yang tidak berpotensi menimbulkan alergi. Perlu diingat bahwa TBC harus diobati sampai sembuh dan tuntas, agar tidak terjadi berbagai komplikasi. 

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat. salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar