Sukses

Sariawan Yang Tak Kunjung Sembuh

06 Aug 2018, 11:55 WIB
Pria, 22 tahun.

Dok saya sering banget sariawan, padahal jarang makan yg pedes2, sariawannya jg ada di bbrp titik, misal hari 1-3 sariawan di titik a, pas udh sembuh besoknya muncul lagi di titik yg lain, itu kira2 kenapa ya dok? Apa masalah makanan atau hal lainnya? Terima kasih

Terima kasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Sebelumnya kami ingin menjelaskan mengenai sariawan. Perlu anda ketahui bahwa sering sariawan bisa jadi adalah suatu pertanda keadaan umum yang lebih berat, misalnya:

1. Kekurangan vitamin B12. Seluruh permukaan kulit dan mukosa mulut adalah bagian tubuh yang paling sering mengalami kekurangan vitamin B12.

2. Kekurangan Nutrisi yang baik. Salah satu penyebab seringnya terjadi sariawan adalah bila tubuh kekurangan zat asam folat, zinc dan zat besi.

3. Adanya Luka pada jaringan di dalam mulut. Sariawan bisa berawal dari luka yang sangat kecil kemudian lama-lama terus teriritasi sehingga menjadi besar. karena sikat gigi yang terlalu kuat, mengunyah makanan yang keras, pemakaian kawat gigi, pemakaian gigi palsu yang tidak pas/cekat, tidak menjaga kebersihan dalam mulut, dan lainnya.

4. Buah yang bersifat asam seperti jeruk, lemon, nanas dapat memicu terjadinya sariawan bila pada jaringan tersebut memang sudah rusak atau berpotensi sariawan. Jika sedang mengalami sariawan maka hindari buah-buahan seperti strawberry,tomat, apel.

5. Daya tahan tubuh yang menurun. Pasien dengan daya tahan tubuh yang rendah sangat rentan terkena sariawan.

Hal yang utama dalam pengobatan sariawan adalah mencari faktor-faktor yang berperan terhadap timbulnya sariawan tersebut dalam mulut dan kemudian dikoreksi serta diperbaiki sehingga dapat menurunkan tingkat keparahan penyakit ini. Seperti pada kasus Anda, perlu dihindari faktor-faktor yang memicu timbulnya sariawan, seperti stres dan kelelahan. Dan yang perlu diperhatikan untuk mencegah terjadinya infeksi sekunder yaitu dengan menjaga kebersihan rongga mulut dengan menyikat gigi, membersihkan karang gigi dan merawat gigi-gigi yang berlubang serta konsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral.

Mengingat luka dalam rongga mulut dapat berindikasi beberapa penyakit ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter gigi atau dokter gigi spesialis Penyakit Mulut (SpPM) agar dapat dipastikan diagnosa dan penyebabnya, terutama bila sariawan tersebut berulang atau tidak kunjung sembuh dalam 2 minggu. Jika pada saat anda ke dokter gigi namun tidak ditemukan penyebab sariawan maka anda bisa konsultasi ke dokter umum untuk memeriksakan keadaan nutrisi dalam tubuh anda secara menyeluruh. Sementara menunggu ke dokter gigi, anda bisa berkumur dengan larutan kumur yang mengandung Chlorhexidine.

Demikian informasi yang dapat diberikan, Semoga Bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar