Sukses

Alergi Muncul Saat Dewasa

05 Aug 2018, 11:41 WIB
Pria, 30 tahun.

Kulit di kedua lengan atas dekat siku dan kulit di kedua tungkai kaki bagian bawah gatal, ruam, bintil-bintil merah. Saya sudah periksa ke Dokter dan kata Dokter saya kena alergi, katanya biasanya alergi karena mengkonsumsi ikan laut. Usia saya 30 tahun. Sebelumnya saya tidak memiliki masalah dengan makanan apapun dan saya memakan semua makanan. Kebetulan saya juga jarang makan ikan laut. Lalu mengapa saya bisa tiba-tiba muncul alergi? Bagaimana cara mengidentifikasi saya alergi apa? Dokter tersebut memberi saya resep obat nufacort cream, methylprednisolone, cetirizine hcl, loratadine 10. Mohon dijawab. Terima kasih.

Terima kasih telah bertanya tentang Alergi Muncul Saat Dewasa melalui fitur Tanya Dokter

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Pertanyaan Anda adalah kenapa alergi baru muncul setelah dewasa. Alergi memang tidak selalu muncul langsung setelah paparan alergen pertama kali pada tubuh. Alergen adalah protein yang dapat memicu alergi. Paparan pertama tersebut adalah masa sensitisasi, reaksi alergi bisa langsung, atau pun tidak langsung muncul. Maka alergi bisa saja muncul ketika dewasa, meskipun saat usia lebih muda sudah sering terpapar alergen tersebut.

Kontaminasi alergen dengan zat beracun dapat meningkatkan kemungkinan munculnya alergi. 

Sebaliknya, alergi juga bisa hilang setelah bertambahnya usia. Contohnya adalah alergi susu yang dapat hilang setelah dewasa karena kemampuan usus dewasa yang dapat mencerna protein susu dengan lebih baik.

Sehingga sangat mungkin untuk Anda mengalami alergi terhadap paparan zat yang sebelumnya tidak menyebabkan Anda alergi. Bila ingin berkurang gejala tersebut, sebaiknya hindarilah alergen yang sudah diketahui. Bila Anda belum mengetahui pasti penyebab alergi, Anda dapat melakukan pemeriksaan uji alergi atas instruksi dokter. Apabila gejala belum membaik, maka Anda sebaiknya konsultasikan kondisi Anda ke dokter spesialis penyakit dalam, atau spesialis penyakit dalam dengan subspesialis imunologi.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Alergi Muncul Saat Dewasa. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar