Sukses

Nyeri Saat Berkemih, Apa Penyebabnya?
05 Aug 2018, 03:36 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok saya mau tanya, dinding vagina saya pernah dijahit krn robek tepat sebulan lalu. Sekarang saya mengalami sakit pd saluran kencing di atas selangkangan sebelah kiri kadang nyeri di pinggang, ketika kandung kemih terasa penuh urin harus begitu cepat di keluarkan tidak bisa ditahan, jika ditahan akan sakit sekali. Apakah sakit pada saluran kencing ini ada kaitannya dengandinding vagina yg dijahit?

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter. 

Nyeri ketika BAK yang disertai keluar cairan putih dari penis pada umumnya disebabkan oleh adanya infeksi pada saluran kemih atau terdapat peradangan pada saluran kemih. Sejak kapan keluhan tersebut dirasakan? Apakah ada keluhan lain yang dirasakan seperti anyang-anyangan? 

Kami sarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter untuk evaluasi lebih lanjut agar mengetahui penyebab dari nyeri BAK yang Anda rasakan. Pengobatan akan disesuaikan dengan penyebab dari nyeri BAK yang Anda alami.

Apabila benar terdapat infeksi saluran kemih, maka dokter akan memberikan pengobatan antibiotik, serta mengevaluasi penyebab dasarnya untuk mencegah kekambuhan, apakah karena kurang minum, sering menahan kemih, infeksi menular seksual, dsb. Adapun yang dapat Anda lakukan sendiri sebagai tindakan pencegahan adalah:

Konsumsi air putih dalam jumlah banyak setiap harinya (lebih kurang 1,5-2 liter/hari)Hindarilah kebiasaan menahan kemihJagalah kebersihan daerah kemaluanHindari perilaku seksual tidak sehat, seperti berhubungan bebas. Berhubungan seksual secara bebas dapat meningkatkan risiko terjadinya penularan infeksi daerah kemaluan, diantaranya gonorea, sifilis, bahkan HIV AIDS.Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AAS)

Adapun bekas jahitan vaigna dapat pula menyebabkan keluhan nyeri saat berkemih namun tergantung pada lokasi penjahitan. Jika penjahitan berada dekat dengan saluran kemih, maka dapat terjadi nyeri atau gangguan berkemih pula.

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar