Sukses

Mengatasi Bayi Bingung Puting
04 Aug 2018, 10:49 WIB
Wanita, 28 tahun.

Anak saya umur 13bulan, 4 hari lalu dia sariawan dan tidak mau minum ASI padahal sebelumnya dia full ASI tidak mau dikasih sufor, sekarang sariawan sudah sembuh tapi tetap tidak mau minum ASI, bagaimana cara supaya anak saya mau minum sufor.

Terima kasih telah bertanya seputar bingung puting melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan.

Kejadian mogok susu dari faktor bayi bisa diakibatkan oleh:

Bayi sakit (seperti infeksi, sumbatan usus, dsb)Bingung puting. Biasanya terjadi pada bayi yang diberi ASI perah dengan menggunakan botol susu. Botol saja ketika kita balik sudah meneteskan isinya keluar sehingga bayi cukup monyong sedikit atau mencucu sudah bisa mendapatkan isinya, sedangkan pada payudara dibutuhkan mulut bayi yang terbuka lebar untuk mengeluarkan isinya. Nah tanpa kita sadari perlahan tapi pasti produksi ASI di payudara ibu mulaiperlahan berkurang karena tidak bisa mengikuti permintaan bayi yang cenderung lebih banyak jika minum melalui botol atau dot.Bayi tumbuh gigi (6 bulan ke atas)

Kejadian mogok menyusui dari faktor ibu bisa diakibatkan oleh:

  1. Ibu hamil
  2. Ibu memakai alat kontrasepsi. Pada penggunaan kontrasepsi hormonal bisa mengakibatkan menurunnya produksi ASI dan membuat bayi kesal karenamenurunnya produksi ASI dan aliran ASI menjadi tidak deras seperti biasanya.
  3. Ibu menstruasi
  4. Ibu lelah

Kemungkinan yang dialami bayi Anda adalah bingung puting, tetapi masih banyak faktor lain yang dapat menyebabkan kondisi bayi ibu. Sebaiknya untuk memastikan penyebab tersebut, ibu dapat mengunjungi dokter spesialis anak atau poli laktasi yang ibu inginkan.

Bila sudah terjadi bingung puting, maka yang dapat dilakukan adalah berhenti menggunakan botol / dot, perbanyak kontak kulit bayi ke ibu, coba menyusui bayi saat sedang tenang (bukan sedang kelaparan), posisikan bayi dengan posisi menyusui yang benar.Tips untuk menghindari terjadinya bingung puting adalah dengan memberikan ASI secara langsung sampai usia minimal 4-6 minggu. Bila mau menggunakan botol susu untuk menyusui dan/atau sudah terjadi bingung puting, maka sebaiknya konsultasikan dahulu ke dokter spesialis anak atau ke poli laktasi terdekat anda.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai bingung puting. Semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar