Sukses

Diabetes dan Insulin

02 Aug 2018, 21:18 WIB
Wanita, 53 tahun.

Apa yang terjadi jika penderita diabetes itu jarang disuntik insulin bahkan sampai hampir sebulan ???

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda

Apakah selama ini anda menggunakan insulin untuk mengontrol gula darah? 

Insulin umumnya diindikasikan untuk penderita diabetes yang sudah mengalami komplikasi atau hamil. Yang dimaksud komplikasi akibat diabetes adalah gagal ginjal, kebutaan, serangan jantung, stroke, luka yang kunjung sembuh, dan gangguan saraf.

Pada kasus lain, insulin diberikan apabila memang obat-obatan minum tidak dapat mencapai kadar gula yang ditargetkan, insulin harus diberikan. Sekarang ini, dokter-dokter ahli diabetes menyarankan pemberian insulin lebih dini (tidak menunggu hingga komplikasi) karena memang angka pengendaliannya lebih baik dan mencegah komplikasi.

Efek samping yang paling harus diperhatikan adalah kadar gula darah yang terlalu rendah (hipoglikemia). Karena itu, setelah suntik insulin harus makan. Tidak perlu takut gula darah naik karena insulin sangat kuat menurunkan kadar gula darah. Kondisi hipoglikemi ini merupakan kegawatdaruratan apabila terjadi. Namun apabila penderita diabetes memiliki jadwal makan yang teratur, umumnya ini tidak terjadi.

Gejala hipoglikemia termasuk kebingungan, mual, lapar,  kelelahan, berkeringat, sakit kepala, berdebar, baal di sekitar mulut, gemetar, kelemahan otot, pandangan kabur, tubuh dingin, menguap berulang, mudah tersinggung, kehilangan kesadaran.

Jika anda sudah memakai insulin untuk mengontrol gula darah anda namun anda tidak teratur menggunakan insulin ditakutkan akan terjadi hiperglikemia yaitu kondisi dimana gula darah tubuh meningkat, jika hal ini dibiarkan terus menerus maka akan terjadi kerusakan organ-organ tubuh seperti ginjal, jantung, pembuluh darah, pankreas dan lainnya.

Kami sarankan agar anda rutin berobat dan kontrol gula darah anda serta memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam agar tidak terjadi komplikasi DM yang tidak diinginkan.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar