Sukses

Air kencing merah
01 Aug 2018, 16:49 WIB
Pria, 22 tahun.

malam dok sedikit cerita sebelum terjadi perubahan ini,, awalnya saya terkena penyakit maag untuk pertama kalinya, sakitnya luar biasa, akhirnya saya pergi ke dokter buat periksa, dalam 1 hari obat nya ampuh dan penyakit pun hilang, setelah bbrp hari saya terkena lagi penyakit wasir untuk kedua kalinya, yang pertama kalinya pada tahun 2017,,,saya meminum obat yang sama, dalam bbrp hari penyakit nya hilang, namun setelah itu saya mulai makan sayur yang awalnya tidak pernah makan sayuran,, udah mulai sering minum air putih yang awalnya jarang minum air putih,,, tapi dikejadian ini saya merasakan hal aneh,,,semua penyakit itu sudah hilang,, tapi ada lagi yang muncul setelah bbrp hari penyakit wasir hilang,,, dari cerita saya di atas, saya mau bertanya, kenapa ya dalam 3 hari ini air kencing saya berwarna merah?? dan sedikit2 ada rasa denyut2 di bagian kantong kemih dan juga kenapa warna BAB saya berwarna hijau? apakah ada efeknya dari makan sayuran bayam??,, mohon jawaban nya dok,

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

 

Kami memahami kekhawatiran Anda.   

Air kencing yang berwarna merah dapat disebabkan karena beberapa hal, diantaranya adalah adanya kandungan darah dalam kencing, atau kandungan kimia lain dari apa yang Anda minum atau makan (misalnya obat-obatan) yang dapat mengubah warna air kencing Anda menjadi merah.

Apakah Anda telah melakukan pemeriksaan urin?

Apabila saat kencing Anda berwarna merah ditemukan sel darah merah, berarti terdapat kondisi yang menyebabkan darah dapat keluar dalam kencing. Hal-hal yang dapat menyebabkan kondisi ini berupa:

  • Infeksi saluran kencing. Dalam infeksi pada umumnya terdapat demam dan nyeri saat kencing.
  • Infeksi ginjal. Sama halnya dengan infeksi saluran kencing, infeksi pada umumnya akan disertai demam.
  • Batu ginjal atau saluran kencing. Terkadang batu ginjal atau saluran kencing dapat sangat kecil sehingga meskipun menyebabkan perlukaan tetapi tidak ada gejala nyeri sesudah batu tersebut keluar.
  • Anemia sel sabit. Anemia sel sabit pada umumnya akan terdeteksi dengan tes darah. Kondisi ini pun sifatnya herediter.
  • Trauma ginjal. Trauma berupa cedera atau kecelakaan yang mencederai ginjal dapat menyebabkan darah keluar dalam urin.
  • Obat-obatan. Obat-obatan seperti aspirin apabila dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan perlukaan lambung dan menyebabkan darah keluar dalam urin.
  • Olahraga berat. Olahraga dengan intensitas berat dapat menyebabkan rhabdomiolisis dimana serabut otot mengalami stres berat sehingga menyebabkan sel darah merah keluar dalam urin.

Sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan langsung ke dokter agar dapat dilakukan wawancara medis dan pemeriksaan fisik disertai penunjang tambahan terutama pemeriksaan urin untuk menyingkirkan segala kemungkinan dan mendapatkan terapi yang tepat.

Untuk BAB berwarna hijau bisa diakibatkan oleh sayuran yang Anda konsumsi karena sayuran tidak tercerna secara baik. 

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar